Rabu 24 Apr 2024 22:10 WIB

BSI Maslahat dan BSI Salurkan Bantuan untuk Penyintas Erupsi Gunung Ruang

Bantuan disalurkan berupa kasur, selimut, masker, obat-obatan, dan bahan makanan.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Fuji Pratiwi
Terjadi erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara pada hari Rabu, (17/4/2024).
Foto: Dok.Republika
Terjadi erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara pada hari Rabu, (17/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BSI Maslahat bersama dengan Bank BSI menyalurkan bantuan untuk masyarakat penyintas erupsi Gunung Ruang Kabupaten Sitaro Sulawesi Utara pada Jumat (19/4/2024) lalu.

Jumlah bantuan yang disalurkan pada tahap awal senilai Rp 10 juta. Bantuan disalurkan dalam bentuk kasur, selimut, masker, obat-obatan, dan bahan makanan.

Baca Juga

"Semoga bantuan yang kami salurkan bisa sedikit mengurangi kesulitan bagi masyarakat terdampak," ujar Direktur Eksekutif BSI Maslahat, Sukoriyanto Saputro dalam keterangan tulis, Rabu (24/4/2024).

Bantuan itu diserahkan langsung oleh BSI Maslahat dan BSI ke posko BPBD Sulut yang berlokasi di kantor Gubernur Sulawesi Utara. Sebelumnya, Gunung Ruang, yang berlokasi di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, mengalami erupsi pada Selasa (16/4/2024) malam.

Erupsi Gunung Ruang ini memuntahkan lahar panas, asap, serta mengakibatkan adanya aktivitas kegempaan dan potensi tsunami di wilayah sekitarnya. Dari laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) saat ini status Gunung Ruang turun menjadi Level III. Selain itu, saat ini aktivitas Gunung Ruang hanya sebatas mengeluarkan asap dan beberapa aktivitas vulkanik lain yang tidak signifikan.

Namun mengingat lokasinya yang berada di tengah laut, erupsi Gunung Ruang bisa berpotensi tsunami apabila material longsor masuk ke laut atau jika lereng gunung api runtuh. Kemudian gunung Ruang juga dapat mengeluarkan aliran lava serta piroklastik yang panas dan dapat berbahaya bagi masyarakat di sekitarnya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement