Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Bank Aceh Hadirkan 31 Gerai Permudah Pembiayaan UMKM

UMKM berkontribusi signifikan bagi konsolidasi pembiayaan Bank Aceh Syariah.

Pegawai Bank Aceh Syariah (BAS) Cabang Meulaboh menunjukan uang pecahan kecil di Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Rabu (28/4/2021).
ANTARA/Syifa Yulinnas Pegawai Bank Aceh Syariah (BAS) Cabang Meulaboh menunjukan uang pecahan kecil di Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Rabu (28/4/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Bank Aceh Syariah menyatakan telah menghadirkan sebanyak 31 gerai usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam upaya memudahkan pelaku usaha untuk mendapatkan modal usaha.

Sponsored
Sponsored Ads

"Gerai UMKM merupakan salah satu strategi yang kami implementasikan di tahun ini untuk mendorong masyarakat memanfaatkan produk UMKM Bank Aceh dengan aksesibilitas yang lebih dekat dengan masyarakat," kata Direktur Utama Bank Aceh Muhammad Syah di Banda Aceh, kemarin.

Ia menjelaskan pembiayaan di segmen Small Medium Enterprise (SME) atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah memberikan kontribusi yang signifikan bagi konsolidasi pembiayaan perusahaan milik daerah tersebut. Ia menyebutkan hingga Juni 2023, pembiayaan UMKM Bank Aceh tumbuh hingga 35 persen (yoy) yakni menjadi Rp 1,9 triliun.

Scroll untuk membaca

Kemudian jumlah nasabah juga tumbuh sebesar 70 persen menjadi 11.243 yang menunjukkan kontribusi yang signifikan Bank Aceh terhadap sektor UMKM. "Capaian tersebut tidak terlepas dari transformasi bisnis yang dilakukan untuk mengakselerasi kinerja keuangan," kata Syah.

Ia mengatakan gerai UMKM tersebut tersebar di seluruh Aceh dan posisinya ada yang berada di pusat pasar guna memudahkan akses bagi para pelaku usaha. Ia menyebutkan secara umum pembiayaan Bank Aceh hingga Juni 2023 tercatat sebesar Rp 17,7 triliun atau tumbuh hingga enam persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya (YoY).

"Pertumbuhan positif pembiayaan Bank Aceh tidak terlepas fundamental perekonomian Aceh dan nasional yang solid dan kami memanfaatkan momentum pemulihan ekonomi dengan memanfaatkan sektor ekonomi yang prospektif, khususnya di Aceh dalam hubungannya dengan perekonomian nasional," ungkap Syah.

Bank Aceh hingga Juli telah memiliki 199 jaringan kantor yang tersebar di seluruh Kabupaten/Kota di Aceh, Medan dan Ibu Kota Jakarta dan ikut didukung 2.612 agen ActionLink.

 

 

sumber : ANTARA

Berita Terkait

Berita Terkait

Rekomendasi

Republika TV

>

Terpopuler

>
x close