Kamis 23 Feb 2012 12:00 WIB

Letak Bayi di Posisi Tengah, Berbahayakah?

ilustrasi bayi dalam kandungan.
Foto: grc.jp
ilustrasi bayi dalam kandungan.

 

Pertanyaan : 

Selamat siang pak dokter, saya Ayu berusia 24 tahun, saat ini sedang dalam keadaan hamil 3 bulan. Ketika saya memeriksakan diri ke bidan, bidan tersebut mengatakan bahwa letak bayi saya berada di posisi tengah, terus terang saya bingung dok, karena biasanya saya hanya mendengar dua kemungkinan, yaitu posisi kiri dan kanan. Untuk itu mohon penjelasan dokter mengenai hal ini, apakah akan membahayakan bayi saya. Terima kasih atas jawabannya dok. 

Ayu, 24 Tahun, Bandung

 

 

Jawaban :

Hi Mbak Ayu, selamat atas kehamilannya saat ini. Terkait dengan pertanyaan yang disampaikan, maka didalam dunia kebidanan, ada beberapa istilah mengenai keadaan bayi, yaitu: letak sikap presentasi dan posisi.

Bila kita berbicara mengenai posisi, maka kita melihat petanda (denominator) di arah mana, misalnya bayi dengan presentasi kepala dengan sikap membungkuk, maka yang menjadi denominator adalah ubun-ubun kecil, sehingga kita menilai posisi bayi apakah ubun-ubun kecilnya posisi depan, belakang , kiri atau kanan.

Tidak ada istilah letak posisi tengah, dalam hal ini pembicaraan mengenai masalah letak dan presentasi bayi bila janin dilakukan setelah berumur diatas 7 bulan, hal tersebut dikarenakan pada usia kandungan tersebut letak janin stabil, sedangkan bila janin masih dibawah 7 bulan maka letaknya masih berubah-ubah. (SC)

dr. Samson Chandra, SpOG, D.MAS

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement