Kamis 24 Jan 2013 08:11 WIB

Anak Kecil Sering Keringat Dingin, Kenapa Ya?

Anak kecil berkeringat dingin (ilustrasi)
Foto: ehow.com
Anak kecil berkeringat dingin (ilustrasi)

 

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Dok, anak usia 3 bulan, kaki dan tangannya sering berkeringat dingin padahal badannya tidak berkeringat. Apakah gejala penyakit atau apa?

Indra Saputra

Jawaban:

Wa'alaikumsalam Wr. Wb.

Untuk Pak Indra yang sangat perhatian, kondisi sesuai dengan apa yang disebutkan di atas pada penuturan Bapak dikenal sebagai Hiperhidrosis. Kondisi ini dijelaskan sebagai bentuk produksi keringat berlebihan, dari pada yang diperlukan tubuh dalam proses pengaturan suhu.

Keadaan ini biasanya dimulai sejak usia anak atau remaja. Hiperhidrosis dapat terjadi pada semua bagian tubuh, tetapi tempat yang tersering yakni telapak tangan, telapak kaki dan ketiak. Hal ini karena kelenjar keringat di daerah tersebut jumlahnya lebih banyak.

Hiperhidrosis yang terlokalisir (seperti hanya pada telapak tangan dan kaki) disebut dengan hiperhidrosis primer atau fokal. Hiperhidrosis sekunder atau general biasanya melibatkan seluruh tubuh dan diakibatkan adanya penyakit/kelainan yang mendasari seperti kelainan pada kelenjar tiroid atau hipofisis, kencing manis, tumor, asam urat, beberapa obat tertentu, atau keracunan merkuri.

Hiperhidrosis dapat bersifat idiopatik (tidak diketahui penyebabnya) walaupun hiperhidrosis primer atau fokal lebih banyak disebabkan oleh faktor genetik. Apakah ada anggota keluarga lain yang mengalami hal serupa?

Penting untuk membedakan Hiperhidrosis primer dengan sekunder. Apakah anak Anda pernah diperiksa kadar hormone tiroidnya. Dalam hal ini, perlu ada beberapa pemeriksaan yang dilakukan agar dapat memberikan pengobatan yang sesuai bagi anak Bapak.

Untuk informasi lebih lanjut, sebaiknya konsultasikan hal tersebut dengan dokter spesialis anak Anda, guna melakukan observasi fisik. Terima kasih, semoga hal tersebut dapat membantu, salam sehat. (RS)

dr Retno Saraswati, SpA, Mkes

Spesialis Anak di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement