Jumat 25 Jan 2013 10:11 WIB

Anak Terlihat Kurus, Apa Parameternya?

Ibu dan anak
Foto: englishclubaupair.com
Ibu dan anak

Pertanyaan:

Saya punya anak laki-laki yang berusia 5 tahun dengan berat 20 Kg dan aktif. Badan tampak lebih kurus dibandingkan kakak dan adiknya padahal makannya banyak. Apakah itu normal? Apa yang harus dilakukan untuk menambah berat badannya?

Asih, 32 tahun

Jawab:

Untuk Ibu Asih yang baik hati, sebagai orang tua yang memperhatikan pertumbuhan anak kita, memang kondisi fisik anak perlu dievaluasi secara berkala. Sesuai dengan klasifikasi berat badan ideal untuk anak laki-laki usia 5 tahun berdasarkan WHO berkisar antara 16-21 Kg.

Perawakan anak yang tampak kurus dapat disebabkan tinggi badannya yang mungkin cukup tinggi bila dibandingkan anak seusianya. Sayang ibu tidak menyertakan tinggi badan anak ibu. Sebagai perbandingan, tinggi badan anak lelaki usia 5 tahun berkisar antara 105-115 cm.

Apabila masih berada dalam rentang tersebut, maka anak ibu masih normal dan ibu tidak perlu khawatir. Cara untuk mengetahui apakah proporsi anak normal yakni dengan mengukur indeks massa tubuh dengan menghitung berat badan dibandingkan tinggi badan (dalam meter) dikuadratkan (BB/TB2). Apabila nilainya berkisar antara 13 hingga 16,6, maka anak ibu mempunyai berat badan yang sesuai.

Dalam hal ini, yang juga perlu diperhatikan adalah asupan makanan seimbang serta pola aktivitas anak kita. Nah, dalam hal itu, perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan anak kita juga secara berkala, termasuk bila kita menemukan indikasi problem kesehatan yang dialami oleh anak kita. Demikian ya Bu Asih, semoga dapat membantu menjelaskan. Terima kasih. (RS)

dr Retno Saraswati, SpA. Mkes

Spesialis Kesehatan Anak RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement