Sabtu 26 Jan 2013 01:02 WIB

Adakah KB untuk Suami?

Pasangan suami-istri (ilustrasi).
Foto: wordpress.com
Pasangan suami-istri (ilustrasi).

Pertanyaan:

Salam hangat, Dok, saya baru melahirkan 2 bulan. Yang ingin saya ingin tanyakan, apakah ada KB buat suami? Terima kasih, dok.

Ndari, 26 tahun

Jawaban:

Selamat ya buat Bu Ndari atas kelahiran buah hatinya. Terkait dengan pertanyaan yang diajukan, maka proses perencanaan keluarga memang akan berhubungan dengan pilihan mekanisme pemakaian alat kontrasepsi.

Untuk itu, dapat disampaikan bahwa secara umum KB untuk laki-laki ada berbagai macam dengan karakteristik, yaitu:

Abstineusia: Metode KB dengan menghindari "hubungan suami-istri" di saat istri/ wanita sedang masa subur. Hal ini perlu pengetahuan dan emosi yang baik.

Kondom: Metode KB ini adalah dengan melakukan pembatasan fisik dari Sperma yang dikeluarkan suami.

Withdrawal: Metode KB dengan pengeluaran sperma di luar liang senggama.

Pil KB Pria: Terbagi 2 jenis; a) Hormonal b) Non hormonal di mana Metode KB dengan menurunkan jumlah atau kualitas sperma tetapi bersifat reversible (sementara). Metode KB ini masih dalam riset/ belum tersedia.

Vasektomi: Metode KB dengan menyumbat atau memutuskan saluran sperma sehingga tidak dapat keluar. Hanya air mani saja yang keluar.

Semua metode KB ini punya kelebihan dan kekurangan masing–masing. Tidak ada satu pun metode KB yang lebih superior dibanding metode KB lainnya baik untuk wanita atau pria. Oleh karena itu, konsultasilah dengan dokter kandungan ibu untuk mendapatkan metode KB yang paling cocok. Demikian yang dapat disampaikan, terima kasih-salam sehat. (SC)

dr. S. Chandra, SpOG, DMAS

Spesialis Kebidanan & Kandungan RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement