Jumat 25 Jan 2013 13:19 WIB

Bumil Bekerja, Ini Beberapa Tipsnya

Ibu hamil bekerja (ilustrasi)
Foto: .
Ibu hamil bekerja (ilustrasi)

Pertanyaan:

Bu, perkenalkan saya Murti, kini tengah mengandung 6 bulan. Selama masa kehamilan ini, memang rasanya saya sangat moody secara fluktuatif, yang pasti cepat lelah secara fisik. Karena ini kehamilan pertama, saya juga memiliki kekhawatiran tentang persalinan dan menangani bayi saya nanti. Saya juga bekerja sebagai karyawati sebuah perusahaan asing, bagaimana ya bu sebaiknya mengatasi hal ini?

Murti, Depok - 28 tahun

Jawaban:

Selamat atas kehamilan pertamanya untuk Ibu Murti, semoga sukses hingga sampai saat persalinan nantinya. Nah untuk pertanyaan yang disampaikan, agaknya dapat dilakukan banyak hal dalam menjalani keseharian sebagai Ibu yang tengah hamil dan bekerja.

Dalam konteks kesehatan, maka memang asupan makanan dan minuman menjadi penting, baik dalam hal ini pola makan dan jumlah kalori yang dibutuhkan. Di samping itu, aktivitas fisik latihan seperti senam hamil dan terlibat dalam sharing club kehamilan juga penting, dalam mempersiapkan stamina fisik dan mental pada saat persalinan mendatang.

Perlu diketahui bahwa tidak semua Ibu hamil sama kondisinya. Tergantung daya tahan tubuh Ibu. Emosi dan penerimaan bahwa kehamilan adalah perubahan dalam diri Ibu. Perubahan fisik, juga perubahan emosi saat kehamilan.

Bila Ibu bisa menerima bahwa inilah kebanggaan seorang Ibu bisa menerima, bahwa dengan Ikhlas pasti bisa mengatasinya dengan Ikhlas juga. Semoga bermanfaat. Aktivitas fisik pasti menguras tenaga, namun temukan jeda waktu di antaranya untuk melakukan istirahat baik secara fisik maupun melepaskan tekanan emosi atau stres pekerjaan. Dengan demikian, Ibu dapat terus bekerja dan menjaga kehamilan dengan baik. Kuncinya bisa memahami diri sendiri.

Bagaimanapun keadaan atau perasaan saat Ibu hamil sangat mempengaruhi perkembangan anak. Terus berpikir positif serta menerima dengan tulus ikhlas kehadiran sang buah hati. Dan tanamkan pada diri Anda bahwa "aku sehat". Tentu saja kehamilan bukan halangan untuk bekerja, hal ini merupakan kodrati seorang wanita. Menerima dengan ikhlas dan jaga kesehatan. Sekian semoga berguna. Lanjutkan dan SEMANGAT. (AS)

Anastasia Sri, Mpsi

Psikolog di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement