Rabu 23 Jan 2013 08:09 WIB

TB Paru, Sudah Berobat Kok Masih Kambuh?

Tuberkulosis
Tuberkulosis

Pertanyaan:

Dok, anak saya sekarang berumur 12 tahun dan sudah terdeteksi TB paru sejak umur 8 tahun. Berobatnya pun sudah sering ke dokter anak maupun dokter paru, namun sampai saat ini belum begitu sembuh, masih sering kambuh sehingga badannya agak kurusan. Menurut dokter, tindakan apa yang harus saya lakukan terhadap kesehatan anak saya supaya pertumbuhannya tidak terhambat dan beraktivitas seperti temannya yang lain? Terima kasih, dok.

Hamzah Dormat, Depok - 31 tahun

Jawaban:

Salam kepada Pak Hamzah Dormat, terima kasih atas pertanyaannya. Menyimak dari penjelasan Bapak, seharusnya penderita TB akan sembuh dan menjadi baik jika menjalani pengobatan dengan benar dalam waktu 6 bulan sampai 9 bulan.

Jika sudah selesai menjalani pengobatan masih ada masalah, sebaiknya dicek ulang secara menyeluruh, apakah ada kemungkinan penyakit lain yang belum terdeteksi. Dapat pula disebabkan karena kuman TB-nya termasuk yang sudah resisten obat (sudah kebal obat), sehingga sulit disembuhkan secara total dan perlu penanganan khusus.

Namun, perlu didefinisikan dengan jelas dari kurus yang dimaksud pada anak Bapak tersebut, uraian yang spesifik tentang keterkaitan tinggi dan berat badan pada anak seusianya. Apakah masuk dalam kategori normal? Mungkin juga perlu diperiksakan kepada spesialis anak, terkait dengan fase tumbuh kembang anak.

Dalam arti, secara fisik anak kurus namun tetap energik beraktivitas, porsi makan yang baik dan mampu sesuai dengan tahap tumbuh kembang tentu bukan hal yang dikhawatirkan. Nah, berkenaan dengan TB yang dialami, maka saran saya sebaiknya anak Bapak diperiksa kembali secara menyeluruh agar lebih jelas.

Demikian yang bisa saya jelaskan, mudah-mudahan segera pulih kembali kesehatan anaknya. Salam. (Zb)

dr. Zubaedah , Sp.P, MARS

Spesialis Paru-Paru RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement