Rabu 15 Feb 2012 17:00 WIB

Kutil di Tangan dan Jari, Berbahayakah?

Tangan/ilustrasi
Foto: flickr
Tangan/ilustrasi

 

Pertanyaan :

Salam Sejahtera, saya mau tanya, apakah kutil di permukaan tangan dan jari berbahaya? Anak saya, umur 10 tahun di punggung tangannya terdapat beberapa kutil yang telah muncul sejak umur delapan tahun namun tak bertambah.

Obat apa untuk menghilangkannya dan jika berbahaya , apa yang harus saya lakukan? Mohon petunjukknya dan tas sarannya saya ucapkan terimakasih. 

Dayu

 

 

Jawaban :

Kutil yang didalam dunia kedokteran disebut venika adalah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan jaringan kulit lokal yang disebabkan oleh virus Human Papilloma Virus (HPV) tipe tertentu.

Seperti penyakit virus lainnya, kutil bisa menular, khususnya dnegan adanya kontak dekat dengan penderita. Kutil bisa tumbuh pada usia berapapun, namun lebih sering pada anak-anak. Sebagian besar kutil tidak berbahaya dan jenis kutil yang paling banyak ditemukan tidak berubah menjadi keganasan (kanker).

Hanya jenis kutil tertentu yang jarang ditemukan dan beberapa kutil yang menginfeksi rahim, leher rahim (serviks) dan penis, yang terkadang berubah menjadi ganas. Kutil sering kali menghilang dengan sendirinya tanpa dilakukan pengobatan apapun, namun beberapa kasus kutil bersifat menetap selama bertahun-tahun.

Pengobatan kutil bisa menggunakan berbagai macam cara, bisa dengan cara meneteskan bahan kimia yang bersifat kaustik (membakar), atau dengan kombinasi gas Co2, N2, dan N2O yang dikenal dengna bedah beku. Pengobatan yang paling umum dilakukan oleh dokter yaitu bedah lsitrik, bedah skapel dan yang paling canggih dengan bedah laser.

Meskipun kutil ini tidak berbahaya, namun ada baiknya sebelum berkembang menjadi banyak, sebaiknya kutil segera diobati.

 

dr. Sasa Khairunisa, SpKK

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement