Sabtu 11 Feb 2012 17:00 WIB

Gatal pada Kaki dan Digaruk, Kulit Seperti Memar

gatal-gatal
Foto: 1
gatal-gatal

Pertanyaan :

Salam sejahtera. Langsung aja dok, saya memiliki keluhan pada beberapa organ tubuh saya terutama pada tangan dan kaki. Pertama-tama saya merasakan gatal pada kaki saya dan kemudian saya menggaruknya.

Tapi entah kenapa kulit saya tampak sangat sensitif, dimana setelah saya menggaruk kulit saya keesokan harinya langsung menimbulkan kudis atau kulit saya seperti memar. Saya belum pernah mengalami hal seperti ini sebelumnya dok.

Tapi beberapa hari ini, saya jadi sering mengalami gatal-gatal pada bagian kaki dan tangan saya. Apakah yang saya alami ini merupakan penyakit yang membahayakan? Mohon bantuannya dok, terima kasih. 

 

Ery Nirwana, 21 Tahun - Medan

 

Jawaban : 

Pada dasarnya rasa gatal dapat disebabkan oleh suatu penyakit kulit dan penyakit sistemik. Penyakit sistemik yang dapat menyebabkan gatal antara lain : penyakit hati (sakit kuning), gagal ginjal dan penyakit darah (leukimia dll). Penyakit kulit yang sering menyebabkan gatal antara lain, gigitan serangga, dermatitis atopik, dematitis kontak dan infestasi parasit (termasuk kudis).

 

Apabila gatal tersebut disebabkan karena kudis yang dalam dunia kedokteran disebut scabies, maka gatal tersebut mudah sekali menular, baik secara kontak langsung ataupun tidak.

Menggaruk kulit yang terinfeksi juga bisa menyebabkan penyakit lain, serta dapat menghambat proses penyembuhan.

 

Penyakit ini tidak berbahaya atau tidak dapat mengancam jiwa, namun cukup mengganggu dengan adanya kelainan pada kulit dan rasa gatal yang ditimbulkan.

 

Pengobatan untuk penyakit ini ditujukan pada pemberantasan parasit dan mengurangi rasa gatal serta menghindari penyakit lain yang dapat timbul dikarenakana garukan, antibiotika jga dapat digunakan jika terdapat infeksi sekunder yang ditimbulkan oleh garukan.

 

dr. Sasa Khairunisa, SpKK

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement