Kamis 25 May 2023 17:12 WIB

Moody's: Sukuk Korporasi Lintas Batas akan Melonjak pada Tahun Ini

Hal ini didorong peningkatan emisi oleh korporasi yang menunda penerbitan tahun lalu.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Fuji Pratiwi
Moody's. Lembaga pemeringkat Moody's Investor Service menyebut penerbitan sukuk korporasi lintas batas akan meningkat secara signifikan pada tahun ini.
Foto: livemint.com
Moody's. Lembaga pemeringkat Moody's Investor Service menyebut penerbitan sukuk korporasi lintas batas akan meningkat secara signifikan pada tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga pemeringkat Moody's Investor Service menyebut penerbitan sukuk korporasi lintas batas akan meningkat secara signifikan pada tahun ini.

Menurut laporan Moody's, sebagian besar penerbitan tersebut berasal dari perusahaan di negara-negara Dewan Kerja Sama Negara Arab di Teluk (GCC) dan Malaysia (A3 Stable). "Meskipun kondisi pasar menantang, penerbitan sukuk korporasi lintas batas year-to-date pada 18 Mei 2023 telah berlipat ganda dari volume penerbitan pada 2022 menjadi 5,2 miliar dolar AS," kata Wakil Presiden dan Analis Senior Moody's Maisam Hasnain, dikutip dari Zawya, Kamis (25/5/2023).

Baca Juga

Bahkan, dia melanjutkan, tidak menutup kemungkinan penerbitan sukuk korporasi masih akan terus tumbuh lebih lanjut. Peningkatan penerbitan sukuk tahun ini didorong oleh perusahaan yang menunda penerbitan tahun lalu karena volatilitas pasar modal. Sebagian besar perusahaan juga banyak yang ingin membiayai kembali (refinancing) sukuk yang jatuh tempo dalam waktu dekat dan penerbit sukuk yang diperingkat pertama kali ingin mendiversifikasi sumber pendanaan.

Program sukuk yang dinilai oleh Moody's tahun ini mencakup program 3 miliar dolar AS di bawah Saudi Electricity Company (SEC, A1 Positif) dan program 5 miliar dolar AS yang dikeluarkan di bawah dana kekayaan negara Malaysia, Khazanah Nasional Berhad (A3 Stabil).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement