Jumat 19 May 2023 09:36 WIB

Di Manakah Pusat Keuangan Syariah Global? (Bagian 1)

Dubai, Kuala Lumpur, London, Manama, dan Riyadh termasuk terdepan, Jakarta?

Ekonomi syariah (ilustrasi)
Foto:

London, Inggris

London adalah pusat keuangan Islam terkemuka di Eropa dan dunia Barat. London punya ikatan historis dengan pasar keuangan Islam utama seperti UEA, lingkungan peraturan yang kuat, bursa saham yang besar dan likuid serta hukum khusus, investasi dan layanan konsultasi dalam transaksi yang sesuai dengan syariah.

Misalnya, Clifford Chance, salah satu firma hukum terbesar di dunia, berkantor pusat di London, dan mengenalkan Pemerintah Inggris tentang sukuk negara terbarunya pada tahun 2021. Demikian pula, Schroders, manajer aset yang berkantor pusat di Inggris, yang mengelola aset sekitar 738 miliar poundsterling atau 918 miliar dolar AS dan memiliki dana ekuitas Islam khusus.

Ada empat bank syariah di Inggris, Bank London dan Timur Tengah, Gatehouse Bank, Al Rayan Bank dan Qatar Islamic Bank UK. Aset bank Islam yang berbasis di Inggris menyumbang sekitar 7,5 miliar dolar AS pada tahun 2021, mewakili sekitar 0,3 persen dari aset perbankan Islam global, menurut laporan tahun 2022 oleh CityUK.

Inggris membentuk sekitar 85 persen aset perbankan Islam Eropa, tidak termasuk Turki. Untuk mendukung manajemen likuiditas bank syariah domestik, Bank of England meluncurkan fasilitas manajemen likuiditas alternatif (ALF) pada Desember 2021.

ALF memungkinkan bank syariah Inggris memiliki rekening di bank sentral untuk digunakan sebagai aset likuid berkualitas tinggi. Secara historis, bank syariah di Inggris pernah kesulitan karena fasilitas yang ada berbasis bunga dan tidak ada fasilitas likuiditas yang sesuai syariah.

Di ruang pasar modal, Pemerintah Inggris memulai debutnya menjual sukuk negara pada tahun 2014, yang terdiri dari penerbitan sukuk tenor lima tahun senilai 200 juta poundsterling. Itu ditindaklanjuti dengan penerbitan tahun kedua pada Maret 2021 ketika mengeluarkan sukuk senilai 500 juta poundsterling selama lima tahun. HM Treasury mencatat bahwa investor domestik dan asing di hub utama keuangan Islam di Timur Tengah dan Asia adalah pelanggan sukuk.

London Stock Exchange adalah tujuan populer untuk pencatatan sukuk internasional, setelah menarik 50 miliar dolar AS melalui 68 penerbitan sukuk pada Mei 2023.  Inggris juga merupakan pemain penting dalam dunia manajemen aset Islam, dengan 37 dana aktif sesuai syariah yang mengelola aset sekitar 19,6 miliar dolar AS aset pada tahun 2021, menurut laporan IFDI 2022.

Pembiayaan Ekspor Inggris, lembaga kredit ekspor negara tersebut, telah terlibat dalam sukuk dan transaksi keuangan Islam lainnya. Misalnya, menjamin sukuk Emirates Airlines pada 2015 untuk mendukung pengiriman empat pesawat Airbus A380.

sumber : Investment Monitor
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement