Jumat 19 May 2023 09:36 WIB

Di Manakah Pusat Keuangan Syariah Global? (Bagian 1)

Dubai, Kuala Lumpur, London, Manama, dan Riyadh termasuk terdepan, Jakarta?

Ekonomi syariah (ilustrasi)
Foto:

Dubai, Uni Emirat Arab

Dubai dianggap oleh sebagian orang sebagai pusat terpenting dalam industri keuangan Islam global. Lokasi strategis emirat yang menghubungkan Afrika, Eropa, dan Asia, kerangka keuangan Islam yang kuat, dan reputasi inovasi telah memungkinkannya menarik investor dan lembaga dari negara Muslim dan non-Muslim.

Pusat Keuangan Internasional Dubai (DIFC) yang merupakan zona bebas keuangan yang didirikan pada tahun 2004, telah menjadi faktor kunci di balik peran utama emirat dalam industri keuangan Islam global. Otoritas Jasa Keuangan Dubai, regulator independen DIFC, telah membuat peraturan dan pedoman khusus untuk kegiatan keuangan Islam.

Kerangka kerja ini memberikan kejelasan dan transparansi kepada investor, yang membuat pusat ini sangat menarik dalam hal investasi asing langsung (FDI). DIFC mendapat manfaat dari kumpulan pekerja asing terampil yang berbakat, menampung 36 ribu profesional dan 4.300 perusahaan yang terdaftar secara aktif. DIFC juga memiliki kerangka kerja hukum dan peraturannya sendiri yang berbeda.

Ada enam bank syariah di UEA, dua bank syariah asing dan 15 bank konvensional dengan Unit Usaha Syariah, menurut Bank Sentral UEA. Negara ini memiliki perbankan Islam dan pasar modal yang aktif dengan beragam peminjam termasuk bank, lembaga keuangan, dan perusahaan.

Dalam upaya untuk mengoptimalkan industri keuangan Islam UEA, bank sentral mendirikan Otoritas Syariah Tinggi (HSA), sebuah dewan syariah terpusat, pada tahun 2018. HSA bertanggung jawab untuk mengeluarkan fatwa (aturan agama) terkait dengan Islam. produk dan layanan keuangan, serta meninjau dan menyetujui produk keuangan baru yang sesuai syariah.

Dua bursa saham emirat, Dubai Financial Market dan Nasdaq Dubai, menyediakan platform untuk pencatatan dan perdagangan sekuritas yang sesuai syariah (sukuk, dana, ekuitas), pengawasan peraturan, inovasi dan pengembangan, serta program pendidikan dan kesadaran. Selain itu, Dubai Gold & Commodities Exchange dan Dubai Multi Commodities Centre juga menawarkan produk dan solusi yang sesuai syariah untuk mendukung ekosistem keuangan syariah emirat.

sumber : Investment Monitor
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement