Kamis 09 Feb 2012 15:15 WIB

Bagaimana Mengatasi Rasa Gatal di Pantat?

Kulit gatal/ilustrasi
Foto: Rosita/Republika
Kulit gatal/ilustrasi

Pertanyaan :

Assalamu'alaikum dokter saya mau bertanya mengenai rasa gatal yang sering muncul pada pantat kanan dan kiri saya. Saya tidak tahu pada awalnya kenapa namun tiba-tiba saja pantat saya terasa gatal, lalu saya garuk, saya kasih bedak gatal, dan salep namun masih terasa gatal.

Lama-lama menjadi luka dan melebar, saya sudah mencuci celana dalam dengan air panas namun masih terasa saja gatal dan panas. Lebih parah lagi kalau waktu menstruasi karena pembalut lebih membuat pantat saya lebih gatal. Saya sudah mencoba beberapa merk pembalut namun tidak merubah keadaan.

Luka karena gatal saya semakin melebar dan rasa gatalnya tidak kunjung mereda. Sebenarnya rasa gatal yang saya alami itu kenapa dan obat apa yang bisa mengobati sakit saya, atas perhatian dokter saya ucapkan terima kasih. 

Maryam, 26 tahun - Cawang

 

 

Jawaban :

 

Wassalammulaikum

Dari keluhan yang telah disampaikan, rasa gatal tesebut dapat disebabkan karena adanya infeksi jamur. Infeksi jamur ini dapat menyerang ke seluruh tubuh, namun lebih sering menyerang pada daerah yang lembab, seperti lipatan paha hingga pantat dan daerah bawah perut.

Obat yang dapat digunakan yaitu obat anti jamur, baik yang topikal maupun oral seperti golongan ketokonasol. Adapun obat untuk meredakan gatal, dapat menggunakan golongan antihistamin.

Sebaiknya menghindari menggaruk daerah gatal karena dapat menimbulkan infeksi sekunder. Pengobatan infeksi jamur ini memerlukan waktu yang lama, yaitu 2-4 minggu. Apabila setelah 2-4 minggu tidak ada perubahan, sebaiknya anda kontrol ke dokter SpKK untuk mendapatkan pengobatan lanjutan atau penggantian jenis obat.

 

dr. Sasa Khairunisa, SpKK

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement