Kamis 06 Jun 2024 17:14 WIB

Atasi Pelajar Kena Pinjol, BSI Beri Beasiswa ke 5.000 Pelajar dan Mahasiswa  

BSI Scholarship tidak hanya memberikan program pembinaan karakter.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ahmad Fikri Noor
Logo Bank Syariah Indonesia.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Logo Bank Syariah Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Beberapa waktu terakhir beredar kabar mahasiswa Indonesia di perguruan tinggi banyak mengalami kesulitan keuangan hingga terjerat pinjaman online. Bank Syariah Indonesia (BSI) memberikan program beasiswa BSI Scholarship yang bekerja sama dengan BSI Maslahat kepada 5.195 mahasiswa dan pelajar.

Pelajar yang berhasil diterima di 10 perguruan tinggi terbaik akan mendapatkan uang kuliah dan uang saku selama empat tahun. Selain itu, mereka juga akan menerima pembinaan dan mentoring dari pimpinan BSI dan tokoh inspiratif.

Baca Juga

"Mahasiswa dan pelajar tersebut tersebar di 90 perguruan tinggi serta 124 sekolah di seluruh Indonesia," kata Direktur Kepatuhan dan SDM BSI Tribuana Tunggadewi, Kamis (6/6/2024).

Ia mengatakan, BSI Scholarship 2024 merupakan upaya BSI dan BSI Maslahat untuk berkontribusi dalam peningkatan SDM melalui keberlanjutan pendidikan anak anak berprestasi dari keluarga yang kurang mampu. Data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2019 menunjukkan presentase lulusan SMA/sederajat di Indonesia yang melanjutkan kuliah hanya 34,85 persen. Inilah yang juga melatarbelakangi program BSI Scholarship.

 

“Kami ingin membantu pelajar dan mahasiswa penerima manfaat untuk tetap semangat dan fokus mencapai pendidikan yang lebih tinggi untuk masa depan yang lebih baik,” kata Dewi.

Sementara itu, Direktur Eksekutif BSI Maslahat, Sukoriyanto Saputro menyebut beberapa strategi terus dilakukan untuk penguatan Beasiswa BSI Scholarship yang bekerja sama dengan pihak kampus mitra BSI. BSI Scholarship tidak hanya memberikan program pembinaan karakter, namun juga self development, literasi ekonomi syariah, prakerja, dan social project.

“Diharapkan mereka kelak menjadi pemimpin yang memiliki karakter, bisa menjadi teladan dam berkontribusi untuk kemaslahatan umat,” kata Sukoriyanto.

Untuk BSI Scholarship mahasiswa, penerima manfaat mendapatkan uang kuliah tunggal, uang saku, dan bimbingan karier. Selain itu, mereka juga akan menerima pelatihan, tes bakat, training motivasi, dan pengembangan diri lainnya agar nantinya bisa menjadi lulusan yang berkualitas dan berdaya saing.

BSI akan kembali membuka pendaftaran program BSI Scholarship tahun 2024 yang akan di-launching pada kegiatan BSI International Expo yang akan dilaksanakan pada tanggal 20-23 Juni 2024 di JCC Senayan Jakarta.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement