Ahad 14 Apr 2024 08:05 WIB

Catat, Ini Cara Menghitung Zakat Mal

Salah satu zakat yang wajib dibayarkan adalah zakat mal.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ahmad Fikri Noor
Jamaah membayar zakat fitrah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (6/4/2024).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Jamaah membayar zakat fitrah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (6/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Zakat di dalam Islam memiliki peran penting dalam hal pemberdayaan ekonomi umat. Zakat berperan sebagai sistem mekanisme distribusi pendapatan dan kekayaan diantara umat manusia. Zakat yang dikelola dengan baik dapat digunakan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi sekaligus pemerataan pendapatan.

Salah satu zakat yang wajib dibayarkan adalah zakat mal atau zakat harta sesuai harta yang dimilikinya. Pengertian sederhananya, zakat mal adalah zakat atas simpanan kekayaan seperti uang, emas, penghasilan profesi, aset perdagangan dan lainnya.

Baca Juga

Fungsi zakat mal adalah untuk membantu umat Muslim agar terhindar dari keserakahan dan pemikiran yang terlalu duniawi. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum seseorang dinyatakan wajib membayar zakat mal. 

Pertama, harta dimiliki secara penuh dan halal serta telah memenuhi nisab atau batasan minimal harta dikenakan zakat. Untuk kepemilikan harta pun harus haul atau memenuhi batasan waktu kepemilikan selama satu tahun hijriyah.

Dikutip dari Ruang Menyala, platform pengatur keuangan milik OCBC NISP, berikut sembilan jenis zakat mal yang perlu diketahui. 

1. Logam Mulia

Bagi seseorang yang memiliki logam mulia, maka mereka wajib untuk membayar zakat mal apabila telah memenuhi nisab dan haul. Untuk penjelasan mengenai masing-masing logam mulia dalam zakat mal adalah sebagai berikut:

- Emas

Apabila seseorang memiliki emas yang telah mencapai nisab, yakni sebesar 85 gram, maka orang tersebut wajib membayar zakat mal. Jumlah besaran zakat mal adalah 2,5 persen dari total emas yang dimiliki. Pembayaran dilakukan setelah kepemilikan memenuhi waktu haul, yakni selama satu tahun hijriyah.

- Perak

Untuk perak, jumlah nisab zakat mal adalah 595 gram. Jadi, apabila seseorang memiliki perak yang jumlahnya telah mencapai angka tersebut, maka mereka wajib membayar zakat mal. Untuk jumlah besaran zakat mal yang perlu dibayar adalah 2,5 persen, sama seperti emas. Pembayaran baru dilakukan setelah waktu kepemilikan memenuhi haul, yakni selama satu tahun hijriyah.

-Logam Mulia Lain dan Campuran

Apabila seseorang memiliki logam mulia lain atau memiliki beberapa logam mulia sekaligus yang telah mencapai nisab 85 gram emas, maka ia wajib membayar zakat mal. Jumlah besaran zakat mal yang perlu dibayarkan adalah sebesar 2,5 persen dari total logam mulai yang dimiliki. Kewajiban membayar baru dikenakan apabila kepemilikan sudah memenuhi haul, yakni selama satu tahun hijriyah.

2. Uang dan Surat berharga 

 Jika seseorang memiliki uang atau surat berharga dengan jumlah setara dengan nisab 85 gram emas, maka ia wajib membayar zakat mal. Untuk besaran pembayarannya adalah 2,5 persen dari total uang, surat berharga, atau gabungan antara keduanya. Untuk pembayarannya sendiri baru boleh dilakukan apabila kepemilikannya sudah memenuhi haul, yakni selama 1 tahun hijriyah.

3. Perniagaan

Harta perniagaan yang dikenakan zakat mal adalah yang nilai selisih antara aktiva lancar dan kewajiban jangka pendeknya telah memenuhi nisab sebesar 85 gram emas. Perhitungan selisih tersebut dilakukan selama masa haul. 

Berdasarkan Permenag Nomor 52 Tahun 2014, aktiva lancar adalah uang kas dan aktiva-aktiva lain yang diharapkan dapat direalisasikan menjadi uang kas, dijual, maupun dikonsumsi. Sedangkan kewajiban jangka pendek adalah utang yang perlu dilunasi dalam jangka waktu pendek, paling lama satu tahun setelah neraca.

4. Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan

Hasil pertanian, perkebunan, dan kehutanan dikenakan zakat mal apabila telah memenuhi nisab senilai 653 kg gabah. Besaran jumlah zakat mal yang perlu dibayar adalah sebesar 10 persen apabila memakai sistem tadah hujan dan 5 persen untuk sistem irigasi serta perawatan lain. Pembayaran dilakukan ketika masa panen datang.

5. Peternakan dan Perikanan

Seorang muslim yang bekerja di bidang peternakan dan perikanan perlu untuk memperhatikan soal aturan ini.

Untuk peraturan mengenai peternakan dan perikanan dalam zakat mal adalah sebagai berikut:

- Peternakan

Zakat mal baru dikenakan apabila menggembala hewan ternak di tempat penggembalaan umum. Sedangkan untuk hewan ternak yang dipelihara dalam kandang masuk dalam kategori zakat mal perniagaan. Hewan ternak yang dimaksud disini adalah unta, sapi/kerbau, kuda, dan kambing. Untuk nisab masing-masing hewan berbeda-beda, selengkapnya kamu bisa melihat di lampiran Permenaker Nomor 69 tahun 2015. 

Untuk pembayarannya sendiri dilaksanakan sebanyak satu tahun sekali ketika nisab sudah terpenuhi.

- Perikanan

Jika seseorang mendapat hasil budidaya atau hasil tangkapan ikan yang memenuhi nisab senilai 85 gram emas, maka pembayaran zakat mal adalah kewajiban baginya. Jumlah pembayaran dari zakat mal tersebut senilai 2,5 persen dari total hasil yang didapatkan. Pembayaran bisa ditunaikan ketika panen dan dibayarkan melalui amil zakat resmi.

6. Pertambangan

Apabila hasil tambang yang didapatkan seseorang telah memenuhi nisab senilai 85 gram emas, maka menunaikan zakat mal adalah kewajiban orang tersebut. Jumlah besaran zakat mal yang perlu dibayarkan adalah 2,5 persen dari hasil total yang didapatkan dan dibayarkan setelah mencapai haul.

7. Perindustrian

Untuk perindustrian, apabila orang tersebut bergerak dibidang produksi barang, maka membayar zakat mal menjadi kewajibannya jika hasil yang didapat mencapai nisab sebesar 85 gram. Sedangkan untuk yang bergerak dibidang industri kreatif atau jasa nisabnya senilai 653 kg gabah. Pembayarannya dilakukan setelah mencapai haul.

8. Pendapatan dan Jasa

Berdasarkan Permenag Nomor 31 Tahun 2019, jika seseorang yang memiliki pendapatan dan jasa yang memenuhi nisab senilai 85 gram emas, maka menunaikan zakat mal adalah kewajibannya. Untuk kadar atau besaran pembayarannya adalah senilai 2,5 persen dari total pendapatan dan jasa yang diperoleh. Pembayaran dilakukan ketika pendapatan dan jasa diterima.

9. Rikaz

Membayar zakat mal adalah suatu kewajiban bagi seseorang yang telah mendapat rikaz atau harta temuan. Untuk zakat mal rikaz tidak ada nisabnya. Besaran yang perlu dibayar adalah senilai 20 persen dari hasil temuannya. Pembayaran dilakukan setelah menemukan harta tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement