Senin 02 Oct 2023 12:16 WIB

Kembali Pimpin MES, TGB: Erick Akselerasi Ekonomi Syariah Hingga ke Milenial

Jangkauan eksyar tak hanya kelompok dewasa atau yang mapan, tapi juga generasi muda.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Lida Puspaningtyas
Menyambut bulan suci Ramadan 1444 Hijriah, DPP Partai Perindo melaksanakan kegiatan Tarhib Ramadan.  Kegiatan yang dipimpin Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi berlangsung di Kantor DPP Partai Perindo Jalan Pangeran Diponegoro No. 29, Menteng, Jakarta Pusat.
Foto: Dok.Republika
Menyambut bulan suci Ramadan 1444 Hijriah, DPP Partai Perindo melaksanakan kegiatan Tarhib Ramadan. Kegiatan yang dipimpin Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi berlangsung di Kantor DPP Partai Perindo Jalan Pangeran Diponegoro No. 29, Menteng, Jakarta Pusat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Wathan Diniyyah Islamiyah (NWDI) Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi menyambut baik dan sangat bersyukur atas kembali terpilihnya Erick Thohir sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). TGB menyampaikan Erick telah cukup banyak melahirkan inisiatif strategis dalam meningkatkan literasi ekonomi syariah sejak periode sebelumnya.

"Saya merasakan langsung bahwa pada masa kepemimpinan Bapak Erick Thohir sebelum ini, periode yang lalu, geliat MES itu dapat dirasakan oleh semua," ujar TGB di Jakarta, Senin (2/10/2023).

TGB menyampaikan Erick secara konsisten melakukan kampanye yang masif terkait literasi keuangan dan ekonomi syariah. Salah satunya dengan memperluas jangkauan tak hanya kepada kelompok dewasa atau yang mapan, melainkan juga ke tingkat sekolah hingga kelompok milenial.

Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Indonesia itu menilai langkah Erick sejalan dengan perkembangan komposisi demografi Indonesia yang kini mayoritas diisi oleh kelompok muda. TGB menyampaikan generasi muda akan sangat berperan dalam menentukan pembangunan ekonomi Indonesia ke depan.

"Sehingga kalau literasi syariah bisa semakin baik di kalangan anak muda, maka kita berharap ekonomi syariah bisa semakin besar porsinya di dalam ekonomi nasional kita untuk kemajuan bangsa," ucap mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut. 

TGB menyampaikan salah satu capaian terbesar MES di era kepemimpinan Erick pada periode pertama lalu ialah adanya penguatan institusi ekonomi syariah. TGB menyebut pembentukan Bank Syariah Indonesia (BSI) yang berasal dari tiga bank syariah anak usaha bank BUMN merupakan perjuangan yang patut mendapat apresiasi. 

"Contoh yang sangat fenomenal adalah mergernya beberapa bank syariah menjadi satu entitas BSI. Hal ini menurut saya, satu hal yang dicatat oleh sejarah, suatu pencapaian yang luar biasa," lanjut TGB.

TGB mengatakan BSI menjadi lokomotif dalam mendorong akselerasi ekonomi dan perbankan syariah. TGB menyebut kehadiran BSI merupakan sebuah kebanggaan yang keberhasilannya sangat terlihat dan menginspirasi banyak pihak untuk memperkuat  lembaga-lembaga keuangan dan perbankan syariah yang lain.

"Karena itu, saya mendukung dan kita mendoakan dan terus berharap dari tangan Bapak Erick Thohir akan lahir inisiatif-inisiatif yang strategis ke depan untuk penguatan ekonomi syariah kita sebagai bagian dari kekuatan ekonomi nasional," kata TGB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement