Kamis 26 Jan 2012 14:00 WIB

Ruam Merah pada Bayi

Bayi Israel. Ilustrasi
Foto: Haaretz
Bayi Israel. Ilustrasi

Pertanyaan :

Halo dokter, Nama saya Susanty, sekarang saya mempunyai bayi laki-laki berumur 5,5 bulan. Pada selangkangan pahanya terdapat ruam kemerahan, saya sudah membubuhi bedak bayi setiap kali anak saya pipis dan saya juga sudah mencoba mengoleskan baby cream with Zinc, tapi ruam kemerahan itu masih belum hilang. Hal ini sudah berlangsung selama 1 bulan, sampai sekarang saya belum menemukan jalan keluarnya. Mohon bantuan dan penjelasannya. Terima kasih.

Susanty, 28 tahun, Jatiasih

Jawaban :

Salam untuk Ibu Susanty, pasti tidak nyaman dengan kondisi ruam kemerahan yang dialami oleh bayinya ya. Kulit bayi masih tipis dan rentan, karena itu daerah pangkal paha lebih sering lembab, sehingga agar tidak terjadi iritasi dan tibul ruam kemerahan, sebaiknya pangkal paha dan kemaluan diolesi dengan baby cream.

Pemberian bedak pada area lembab tersebut tidak terlalu disarankan, namun bila ingin dibedaki, harus dipastikan bahwa kondisi kulitnya dalam keadaan kering terlebih dahulu. Kondisi yang dialami bayi Ibu Susanty banyak dikenal sebagai kondisi ruam popok, yakni kondisi ruam kemerahan didaerah paha dan seputar daerah yang ditutupi oleh popok.

Salah satu pemicunya adalah penggunaan popok berbahan kedap air, yang menambah kelembaban area kulit bayi. Upaya yang apat dilakukan dalam mereduksi terjadinya ruam popok tersebut adalah pemilihan bahan popok yang nyaman bagi kulit bayi, serta melakukan penggantian popok secara berkala setelah bayi pipis agar menjaga kondisi kulitnya kering.

Bila kemudian kondisi ruam tidak kunjung mereda, ada baiknya Ibu Susanty membawa bayinya untuk diperiksakan ke dokter, agar dapat diketahui secara jelas penyebab kondisi ruam yang dialami. Semoga si kecil bisa bebas ruam ya bu, bayinya sehat sengan kulit yang juga sehat tentunya. (YK)

dr. Yuni Kurnia P. SpA

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement