Rabu 06 Jul 2011 12:00 WIB
Hamil Kedua

Bagaimana Mengatasi Rasa Nyeri pada Punggung ?

Wanita Hamil
Foto: Musiron/Republika
Wanita Hamil

Pertanyaan :

Dokter yg terhormat, saya sedang hamil kedua dengan umur kandungan 33 minggu, perbedaan yang saya rasakan dalam kehamilan ini adalah rasa nyeri pada punggung bahkan dalam kondisi tidak beraktifitas kerap kali rasa nyeri itu muncul? Bagaimana mengatasinya?

Siti Suprawati(27 tahun)-Depok

 

Jawaban :

Hi ibu Siti, semoga selalu mendapatkan keindahan dalam masa kehamilan ini. Perlu diketahui setiap kehamilan memiliki ciri khas sendiri dan masalah yang berbeda. Dalam kondisi yang ibu utarakan tersebut, maka usia kandungan ibu termasuk kategori fase akhir sebelum persalinan.

Sesungguhnya fenomena sakit punggung sering dialami oleh wanita yang sedang hamil adalah hal yang umum dialami ibu hamil. Bertambahnya ukuran serta beban janin, ditambah dengan terjadinya perubahan hormon, serta ketegangan otot dapat menjadi penyebab nyeri di punggung. Pembesaran rahim, sehingga menekan saraf juga dapat mengakibatkan terjadinya rasa nyeri.

Dalam kondisi tersebut, sejak semula dianjurkan untuk melakukan aktifitas fisik seperti senam hamil yang membantu fleksibilitas dan kekuatan stamina bagi ibu hamil. Namun demikian, posisi dalam postur gerak tubuh juga menjadi salah satu pencetus timbulnya rasa nyeri.

Beberapa hal yang patut dilakukan antara lain:

- Berolahraga ringan seperti berjalan atau melakukan senam hamil,

- Kurangi mengangkat beban berat,

- Jangan memuntir badan untuk mengambil benda,

- Kurangi aktifitas dengan membungkuk,

- Hindari salah posisi tidur yang menimbulkan cedera,

- Jangan duduk terlalu lama sehingga tekanan pada punggung berkurang,

- Serta asupan vitamin untuk saraf dapat membantu mengurangi nyeri.

Bila kemudian kendala nyeri terjadi dalam periode yang lama, perlu dilakukan konsultasi ke dokter Anda sehingga dapat ditentukan treatment yang sesuai dengan kondisi Anda serta apakah perlu dilakukan tindakan fisioterapi dalam mereduksi nyeri punggung tersebut. Semoga ibu Siti dapat terbebas dari sakit punggung lagi ya, salam. (RS)

dr Ricky Susanto, SpOG ( Spesialis  Kehamilan & Kandungan)

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Anda memiliki masalah dengan kesehatan ? Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement