Senin 20 May 2024 13:12 WIB

BSI Tingkatkan Literasi dan Inklusi Perbankan Syariah dengan PT Badak NGL

Kerja sama BSI & Badak NGL fokus pada pembiayaan dan payroll

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Nasabah sedang menyetorkan uang pelunasan haji 2024 di kantor cabang BSI The Tower Jakarta, Jumat (16/2/2024). PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) siapkan layanan prima untuk masyarakat yang akan melunasi biaya ibadah haji 2024. Tahap 1 pelunasan haji dimulai sejak 9 Januari sampai 23 Februari 2024.
Foto: Dok Republika
Nasabah sedang menyetorkan uang pelunasan haji 2024 di kantor cabang BSI The Tower Jakarta, Jumat (16/2/2024). PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) siapkan layanan prima untuk masyarakat yang akan melunasi biaya ibadah haji 2024. Tahap 1 pelunasan haji dimulai sejak 9 Januari sampai 23 Februari 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah di Tanah Air melalui kerja sama dengan stakeholder strategis. Terbaru, perseroan memperkuat kerja sama yang sudah terjalin dengan PT Badak NGL di Bontang, Kalimantan Timur, untuk menambah pemanfaatan layanan jasa dan produk perbankan syariah.

Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna mengatakan, kerja sama ini menjadi akses masuk penguatan inklusi keuangan syariah bagi seluruh manajemen dan karyawan, pensiunan PT Badak NGL. Terutama payroll maupun pembiayaan.

“Melalui penandatangan MOU antara BSI dan PT Badak LNG, kami siap mengoptimalkan layanan bagi seluruh manajemen dan karyawan PT Badak LNG untuk dapat menikmati layanan perbankan syariah bersama BSI,” kata Anton dalam keterangan, Senin (20/5/2024). 

Seperti diketahui, PT Badak NGL merupakan anak usaha dari Pertamina Hulu Energi yang bergerak di bidang produksi gas alam cair dan LPG. Kilang milik perusahaan ini di Bontang memiliki 8 train yang dirancang dapat memproduksi LNG sebanyak 22,5 juta metrik ton per tahun, sehingga menjadikan PT Badak NGL sebagai produsen gas alam cair terbesar di Indonesia.

 

Dalam kesempatan yang sama, President Director & CEO PT Badak NGL Ahmad Kosasih mengatakan pihaknya berterima kasih kepada BSI yang telah menjadi mitra strategis untuk mendekatkan perbankan syariah di lingkungan perusahaan tersebut. 

“Kami ucapkan terima kasih segenap pihak atas sinergi yang telah terjalin selama ini dan ke depannya. Semoga kerja sama ini memberikan kontribusi optimal bagi kemajuan bisnis kedua belah pihak serta dalam rangka memajukan perekonomian di Indonesia,” tuturnya.

Selain meningkatkan literasi dan inklusi layanan perbankan syariah, melalui berbagai sinergi dengan stakeholder strategis semacam ini BSI pun berhadap dapat menjaga kinerja berkelanjutan. Adapun kinerja BSI berada di atas rata-rata industri perbankan nasional pada kuartal I/2024. 

Laba BSI tumbuh 17,07 persen menjadi 1,71 Triliun, dengan aset sebesar Rp358 triliun yang tumbuh 14,25 persen. Return On Asset (ROA) perseroan sebesar 2,51 persen, dengan Return On Equity (ROE) 18,30 persen, dan Financing to Deposit Ratio (FDR) sebesar 83,05 persen. Adapun Non-Performing Financing (NPF) gross 2,01 persen. 

Artinya, rasio keuangan BSI sehat dan solid di tengah kondisi tantangan ekonomi yang fluktuatif. Di sisi lain, dari sisi kerja sama ini mudah-mudahan menjadi awalan yang baik bagi bisnis kedua belah pihak dan dapat turut serta mendorong kemajuan ekonomi syariah di Tanah Air.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement