Rabu 03 Apr 2024 21:52 WIB

Wapres Tekankan Manfaat Ekonomi Syariah Berdampak Nyata ke Masyarakat

Pembangunan bukan semata ekonomi tumbuh tinggi, tapi harus juga berkualitas.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Fuji Pratiwi
Wakil Presiden (Wapres) RI Maruf Amin secara resmi membuka acara Banten Halal Festival Ramadan 2024 pada Selasa (2/4/2024).
Foto: Republika/Dian Fath Risalah
Wakil Presiden (Wapres) RI Maruf Amin secara resmi membuka acara Banten Halal Festival Ramadan 2024 pada Selasa (2/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGGERANG -- Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, mengatakan Indonesia dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di tingkat global telah mendapat berbagai pengakuan. Salah satunya, Indonesia dinilai terus konsisten menjadikan kebijakan ekonomi dan keuangan syariah sebagai bauran strategi pembangunan nasional.

Bauran strategi ini bermakna penting bagi pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkeadilan. Sebab, tantangan pembangunan bukan semata soal meraih pertumbuhan ekonomi setinggi-tingginya.

Baca Juga

"Bukan hanya itu, tapi juga memastikan pertumbuhan yang diraih benar-benar mampu menafkahi masyarakat sampai lapisan paling bawah," kata Wapres Ma’ruf, saat membuka Banten Halal Festival Ramadhan, kemarin.

Wapres Ma’ruf menyebut pemerintah bersama seluruh elemen bangsa mempunyai tugas besar untuk melanjutkan pembangunan kesejahteraan yang berdampak nyata bagi masyarakat. Pemerintah juga punya tugas meningkatkan kontribusi Indonesia dalam pembangunan dunia. Terutama melalui sektor ekonomi dan keuangan syariah.

Ke depan, keberlanjutan pengembangan ekonomi dan keuangan yang kontributif secara nasional mesti terus didorong. Di antaranya, dengan lebih membumikan bauran kebijakan dan program di tingkat wilayah, sehingga literasi dan partisipasi masyarakat semakin meningkat.

Wapres menyambut baik setiap upaya positif pemerintah daerah ataupun Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) dalam memajukan ekonomi dan keuangan syariah. 

Sebelumnya, Ketua Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Banten, Siti Ma'rifah, mengatakan sebagai salah satu provinsi yang secara geografis sangat strategis berada di wilayah poros maritim yang menghubungkan Jawa dan Sumatra. Banten juga bersebelahan dengan Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, Banten memiliki potensi yang besar bagi tumbuh kembangnya kawasan industri baru dan kawasan industri khusus berbasis industri halal di bidang kuliner, fesyen, wisata, maupun keuangan syariah. 

Ia berharap semoga kegiatan Banten Halal Festival Ramadhan: Dari Banten untuk Dunia ini sukses menjadi langkah awal dalam memajukan industri halal di Indonesia. "Kami berharap kegiatan-kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan," ujar Siti. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement