Ahad 05 Nov 2023 20:54 WIB

BCA Syariah Gelar Edukasi di Kediri Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan

Ini untuk meningkatkan kesadaran bahwa menabung merupakan kebiasaan baik.

Karyawan BCA Syariah menjelaskan produk perbankan syariah kepada siswa MTSN 39 Jakarta yang merupakan nasabah tabungan pelajar di Jakarta, Senin (22/5/2023) (ilustrasi).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Karyawan BCA Syariah menjelaskan produk perbankan syariah kepada siswa MTSN 39 Jakarta yang merupakan nasabah tabungan pelajar di Jakarta, Senin (22/5/2023) (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) menggelar kegiatan edukasi di GOR Jayabaya Kota Kediri, Jawa Timur, guna meningkatkan literasi dan inklusi keuangan khususnya perbankan syariah di daerah itu.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kami untuk meningkatkan literasi dan inklusi perbankan syariah khususnya kepada pelajar melalui kegiatan lomba edukatif. Ini untuk meningkatkan kesadaran bahwa kegiatan menabung merupakan kebiasaan baik yang dapat membantu kita mewujudkan masa depan yang sejahtera," kata Corporate Secretary BCA Syariah Nadia Amalia di Kediri, Ahad (5/11/2023).

Baca Juga

Ia mengungkapkan kegiatan edukasi ini sasarannya adalah pelajar, generasi muda, profesional, serta pelaku UMKM perempuan. Edukasi ini digelar sebagai bagian untuk mendorong budaya menabung sejak dini, memperkenalkan dasar-dasar pengelolaan keuangan dan juga memperkenalkan berbagai solusi produk tabungan untuk generasi muda dan pelajar, yang dapat dimanfaatkan oleh generasi muda untuk melatih disiplin menabung, mulai belajar berinvestasi maupun mempersiapkan ibadah haji/umrah.

"Kegiatan ini menjadi salah satu cara kami untuk memperkenalkan program bank agar semakin dikenal, makin mudah diterima. Pada saat di lapangan mendekati nasabah, mereka menjadi lebih mudah menerima produk," kata dia.

Ia mengatakan pertumbuhan perbankan syariah secara umum cukup bagus. Sampai dengan September 2023, pertumbuhan jumlah rekening tabungan anak (umur di bawah 17 tahun) sebesar 181,7 persen, mencapai 28.085 rekening dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara itu, per September 2023, total aset telah mencapai Rp 13,3 triliun, tumbuh 17,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (yoy).

Untuk penyaluran pembiayaan tercatat sebesar Rp 7,8 triliun tumbuh 6,1 persen yoy. Sedangkan Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp 10 triliun atau meningkat sebesar 21 persen yoy.

Ia menjelaskan, hingga kini, terdapat 75 jaringan cabang yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Semarang, Bandung, Solo, Yogyakarta, Bandar Lampung, Medan, Palembang, Banda Aceh, Panakukkang, Malang, Kediri, Pasuruan, dan Banyuwangi. "Saat ini aset nasional di atas Rp 10 triliun. Pertumbuhan dari tahun ke tahun bagus, dua digit baik daik dana dan pembiayaan tubuh dua digit," kata dia.

Dalam kegiatan yang bertajuk BCA Syariah Gas-Poolll (Gatehring Asik) Festival Muslim Kediri ini, diikuti oleh 300 peserta yang terdiri dari pelajar dan UMKM di kota Kediri. Kegiatan ini juga menghadirkan lomba kreativitas yang digemari oleh masyarakat antara lain lomba banjari, lomba kaligrafi dan mewarnai. Edukasi ini sebagai media sosialisasi dari produk perbankan syariah.

Dengan aktivitas yang menyenangkan tersebut, BCA Syariah berharap masyarakat dapat lebih mudah memahami manfaat dari produk dan layanan bank syariah untuk membantu perencanaan keuangan pelajar.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement