Jumat 20 Oct 2023 01:00 WIB

Bank Muamalat Pacu Pertumbuhan Produk Reksa Dana

Animo nasabah membeli reksa dana terproteksi syariah Bank Muamalat sangat tinggi.

SEVP Retail Banking Bank Muamalat Dedy Suryadi Dharmawan (kiri) dalam Muamalat Hijrah Investment Forum 2023 di Jakarta, Kamis (19/10/2023).
Foto: dok Bank Muamalat
SEVP Retail Banking Bank Muamalat Dedy Suryadi Dharmawan (kiri) dalam Muamalat Hijrah Investment Forum 2023 di Jakarta, Kamis (19/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menggelar Muamalat Hijrah Investment Forum 2023 guna memacu pertumbuhan produk reksa dana terproteksi syariah. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Sultan, Jakarta pada Kamis, 19 Oktober 2023.

SEVP Retail Banking Bank Muamalat Dedy Suryadi Dharmawan mengatakan, Investment Forum 2023 dilaksanakan sebagai respons atas tingginya animo nasabah untuk membeli reksa dana terproteksi syariah Bank Muamalat. Hal ini terlihat dari jumlah investor per September 2023 yang meningkat tiga kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Baca Juga

"Minat beli nasabah terhadap produk reksa dana terproteksi sangat tinggi karena sesuai dengan karakter dan profil risiko nasabah Bank Muamalat. Mereka mengutamakan aspek kesyariahan, return yang optimal, fitur kupon, serta risiko yang terukur dan manageable," ujar Dedy.

Atas pencapaian tersebut, pada akhir Agustus 2023 lalu Agen Penjual Reksa Dana (APERD) FUNDtastic+ memberikan penghargaan kepada Bank Muamalat karena telah berhasil menumbuhkan AUM dengan rata-rata pertumbuhan mencapai 200 persen setiap bulannya dalam kurun waktu kurang lebih satu tahun terakhir.

Dedy menjelaskan, produk reksa dana syariah baru diluncurkan ke publik pada Juni 2022. Sejak saat itu perkembangannya sangat signifikan baik dari sisi penjualan, dana kelolaan maupun jumlah investor. 

Bank Muamalat juga memiliki inovasi berupa Gerai Reksa Dana Syariah yang bisa dengan mudah diakses oleh masyarakat melalui aplikasi mobile banking Muamalat DIN. Gerai Reksa Dana Syariah di Muamalat DIN merupakan sebuah layanan yang ditujukan kepada nasabah Bank Muamalat untuk dapat melakukan transaksi pendaftaran, pembelian, penjualan, dan pemantauan atas produk reksa dana syariah. 

Gerai reksa dana bank pertama murni syariah di Tanah Air ini menggandeng FUNDtastic+ sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) serta lima manajer investasi yaitu PT Bahana TCW Investment Management (Bahana TCW) dan PT Eastspring Investments Indonesia. Kemudian PT Trimegah Asset Management, PT Insight Investments Management, dan PT Manulife Aset Manajemen Indonesia.

Produk reksa dana yang dijual pada Gerai Reksa Dana Syariah Bank Muamalat merupakan produk yang telah dikurasi dan dipilih oleh Bank Muamalat agar sesuai dengan karakter, profil risiko dan kebutuhan nasabah. Selain itu, Bank Muamalat juga menyiapkan program penjualan yang didesain khusus dimana nasabah tidak hanya sekadar berinvestasi di produk reksa dana tetapi dapat sekaligus beramal. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement