Senin 02 Oct 2023 15:59 WIB

Bank DKI Pastikan Konsisten Kembangkan Industri Keuangan Syariah 

Bank DKI terus berinovasi dalam layanan perbankan syariah untuk tetap tumbuh.

Rep: Eva Rianti / Red: Gita Amanda
Bank DKI terus berinovasi dalam layanan perbankan syariah untuk tetap tumbuh dan menjadi pilhan warga DKI Jakarta (ilustrasi).
Bank DKI terus berinovasi dalam layanan perbankan syariah untuk tetap tumbuh dan menjadi pilhan warga DKI Jakarta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Unit Usaha Syariah (UUS) Bank DKI menyabet tiga penghargaan dari Infobank dalam hal kinerja bisnis syariahnya. Sejalan dengan diperolehnya penghargaan-penghargaan itu, Bank DKI memastikan bakal terus konsisten dalam mengembangkan industri keuangan syariah, khususnya di DKI Jakarta.  

Ketiga penghargaan itu, yakni Excellence Financial Performance Sharia Business Unit in 2022, The Best Financial Performance Sharia Business Unit in 2022 (Asset Class IDR 5 Trillion to < 10 Trillion), dan Golden Trophy Excellence Financial Performance Sharia Business Unit in 5 Concecutive Years (2018-2022). Penghargaan tersebut diberikan langsung pada ajang 12th Infobank Sharia Recognition 2023 di Jakarta pada 27 September 2023. 

 

Direktur Teknologi & Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono mengatakan, penghargaan itu dipersembahkan tidak lain kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta selaku pemegang saham BUMD tersebut, nasabah, serta mitra bisnis yang percaya pada layanan dan produk syariah Bank DKI. 

 

"Penghargaan yang kami terima merupakan buah dari kerja keras dan komitmen dalam menyediakan layanan keuangan syariah yang unggul dan inovatif. Bank DKI akan terus berupaya untuk memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat dan berkontribusi dalam industri keuangan syariah di Indonesia," ujar Amirul dalam keterangannya, dikutip Senin (2/10/2023). 

 

Amirul menjelaskan, Bank DKI telah menerapkan dual banking leverage model atau DBLM sebagai solusi layanan perbankan kepada nasabah yang menghendaki pilihan produk dan layanan syariah. Di antaranya pembukaan rekening tabungan, giro, dan deposito. 

 

Selain itu juga berupa pembiayaan skema syariah seperti kredit usaha rakyat (KUR), pembiayaan investasi, modal kerja, ritel dan mikro, serta Konsumer iB. Itu dapat dilakukan di seluruh kantor cabang Bank DKI.

 

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi, menambahkan, dalam mengembangkan bisnisnya, UUS Bank DKI juga membangun sinergi dengan BUMD DKI Jakarta dan lembaga lainnya yang terkait dengan Pemprov DKI Jakarta. Di antaranya Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta dan Bazis DKI Jakarta dalam hal optimalisasi layanan perbankan syariah. 

 

UUS Bank DKI, dia melanjutkan, juga menyediakan beragam solusi keuangan syariah seperti tabungan haji dan umrah (Taharoh). "Bank DKI terus berinovasi dalam layanan perbankan syariah untuk tetap tumbuh dan menjadi pilhan warga DKI Jakarta," kata dia. 

 

Penghargaan 12th Infobank Sharia Recognition 2023 diketahui diberikan oleh majalah Infobank kepada perusahaan dengan prinsip Syariah yang memiliki pertumbuhan kinerja baik di tahun 2022, termasuk inisiatif inovasi dan kontribusi positif terhadap industri keuangan syariah di Indonesia. 

 

Bank DKI secara keseluruhan mencatatkan capaian kinerja yang baik pada 2022, meski kondisi ekonomi akibat pandemi Covid-19 belum benar-benar pulih. Tercatat capaian laba bersih tertinggi sepanjang sejarah berdirinya perseroan sebesar Rp 939,11 miliar atau tumbuh 29,11 persen. 

 

Adapun, total aset tumbuh menjadi Rp 78,88 triliun, yang didukung pertumbuhan kredit sebesar 23,53 persen. Adapun pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) sebesar 12,82 persen pada Desember 2022. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement