Senin 04 Sep 2023 17:08 WIB

Wapres: LPH Penentu Keberhasilan Sistem Jaminan Produk Halal

Keberhasilan sistem jaminan produk halal sangat ditentukan LPH yang berkualitas.

Logo halal MUI.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Logo halal MUI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa peran lembaga pemeriksa halal (LPH) menentukan keberhasilan penerapan sistem jaminan produk halal di Tanah Air.

"Keberhasilan sistem jaminan produk halal sangat ditentukan oleh optimalisasi peran lembaga pemeriksa halal yang berkualitas, mulai tingkat daerah, nasional, hingga internasional," kata Wapres saat menyampaikan sambutan via daring dalam acara Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia Halal Award Tahun 2023 di Jakarta, Senin (4/9/2023).

Baca Juga

Wapres mengatakan, sampai kini Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia atau LPPOM MUI menunjukkan kinerja tinggi dalam penyelesaian sertifikasi halal. Sekitar 75 persen produk halal Indonesia yang bersertifikat merupakan hasil audit dari LPPOM MUI.

Kesungguhan dan pengabdian LPPOM MUI sejak 1989, menurut dia, telah menjadikan LPPOM MUI sebagai lembaga audit produk halal terpercaya berskala internasional dengan puluhan mitra yang tersebar di berbagai negara.

Dia juga mengemukakan, peningkatan permintaan dan konsumsi produk halal mesti dimanfaatkan sebaik mungkin agar dapat memberikan sumbangan signifikan bagi perekonomian nasional. "Kondisi ini menuntut para pelaku usaha untuk mampu menghasilkan produk halal yang berkualitas dan berdaya saing global. Inovasi dan perbaikan secara kontinu adalah keniscayaan," kata Wapres.

Menurut dia, para pelaku usaha dituntut menghasilkan produk halal yang berkualitas dengan tetap memperhatikan kondisi sosial dan kelestarian lingkungan.

Ia menyampaikan bahwa Undang-Undang Jaminan Produk Halal mewajibkan sertifikasi halal bagi produk-produk yang beredar dan diperdagangkan di Indonesia. "Tersisa waktu satu tahun lagi untuk menyelesaikan kewajiban sertifikat halal seluruh produk di Indonesia," kata dia 

Oleh karena itu, Wapres mengajak semua pihak untuk bergotong royong mempercepat pelaksanaan kewajiban sertifikasi halal dari hulu sampai ke hilir, dari sertifikasi halal daging di rumah potong hewan sampai makanan yang diperdagangkan di lokasi-lokasi wisata kuliner.

 

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement