Kamis 10 Aug 2023 22:39 WIB

Bank Muamalat Jadi Bank Syariah Paling Diminati oleh Fresh Graduate

Bank Muamalat menempati urutan teratas untuk kategori bank syariah.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ahmad Fikri Noor
Karyawan bertransaksi menggunakan kartu Shar-E Debit Muamalat di mesin ATM Muamalat Tower, Jakarta, beberapa waktu lalu.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Karyawan bertransaksi menggunakan kartu Shar-E Debit Muamalat di mesin ATM Muamalat Tower, Jakarta, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Muamalat Indonesia Tbk termasuk dalam 100 perusahaan di Indonesia yang paling diminati oleh para fresh graduate. Hal itu dalam peringkat yang disusun oleh platform karir untuk fresh graduate dan mahasiswa Prosple.

Prosple, sebagai lembaga yang terkemuka pada bidang career and education technology company melakukan riset dan pemeringkatan berdasarkan dua faktor utama yakni student popularity dan program quality

Baca Juga

Bank Muamalat menempati urutan teratas untuk kategori bank syariah dan menempati peringkat ketiga pada overall bank di Indonesia. Ini merupakan buah dari komitmen dan aksi nyata yang dilakukan dalam berbagai rangkaian program dan inisiatif dalam rangka mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia untuk mendukung Indonesia Emas 2045.

SEVP Human Capital Bank Muamalat Riksa Prakoso mengatakan, peringkat tersebut salah satunya didasarkan pada seberapa besar minat mahasiswa tingkat akhir atau fresh graduate untuk magang dan kesempatan mengikuti Management Trainee Program seperti MODP dan MAP di Bank Muamalat. 

 

“Kami bersyukur bahwa minat calon pekerja untuk mendapatkan pengalaman kerja di Bank Muamalat sangat tinggi. Prestasi ini merupakan buah dari pelaksanaan program-program inovatif yang telah kami canangkan. Selain itu, kami sekaligus mendukung program Kampus Merdeka yang digagas oleh Kemendikbudristek,” ujarnya, Kamis (10/8/2023).

Kampus Merdeka adalah kebijakan yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek dengan memberikan hak kepada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar program studi selama 1 semester dan berkegiatan di luar perguruan tinggi selama dua semester. Salah satu kegiatan yang dimaksud adalah magang bersertifikat. Pengalaman mahasiswa di kegiatan Kampus Merdeka akan berpengaruh besar terhadap kesiapan karir mahasiswa.

Program unggulan Bank Muamalat terkait pemagangan adalah Muamalat Internship Program (MIP) dan Muamalat Indonesia Kompeten (MIKO). Program ini merupakan kolaborasi antara Bank Muamalat, Muamalat Institute dan juga Kampus Merdeka yang memberikan kesempatan kepada para mahasiswa di seluruh Indonesia untuk belajar dan bekerja di Bank Muamalat. 

Selain itu, sebagai dukungan terhadap antusiasme kerja di bidang digital, Bank Muamalat bekerja sama dengan Rakamin Academy juga membuka program pembelajaran melalui program Virtual Internship Experience dimana para peserta magang bisa mengikuti program secara online melalui program yang telah disiapkan.

Program magang di Bank Muamalat atau Muamalat Institute ditujukan bagi mahasiswa dari berbagai jurusan yang disesuaikan dengan kuota kebutuhan perusahaan pada masing-masing departemen. Setiap peserta magang akan mendapatkan benefit seperti lingkungan kerja yang Islami, pengalaman dan relasi kerja, sertifikat pemagangan, serta pengganti biaya transportasi.

Bank Muamalat juga memiliki program bernama Muamalat Virtual Community, yaitu komunitas yang dibentuk untuk mahasiswa atau fresh graduate yang pernah magang di Bank Muamalat baik secara offline maupun online. Tujuannya adalah untuk membantu mereka menyiapkan diri ke dunia kerja. Bantuan yang diberikan antara lain berupa mentoring, webinar gratis, dan e-modul. 

Muamalat Institute sebagai salah satu anak usaha Bank Muamalat juga memberikan dukungan kepada siswa yang memiliki minat atau passion dalam berwirausaha melalui program Muamalat Institute Movement Enterpreneur Incubator untuk dapat mengikuti kompetisi inovasi bisnis dan berkesempatan memperoleh pendanaan dari Muamalat Institute dalam pengembangan bisnisnya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement