Senin 06 Feb 2012 11:26 WIB

Alergi Dingin Akut, Bagaimana Mengatasinya?

Alergi / Ilustrasi
Foto: corbis.com
Alergi / Ilustrasi

Pertanyaan :

Dokter yang terhormat, saya sudah 3 bulan ini mengalami penyakit yang sangat susah diobati setiap malam waktu tidur, saya mengalami sesak karena tenggorokan penuh dengan dahak sehingga saya sulit untuk bernapas, telah berkali kali berobat dan berbagai macam obat tapi tidak sembuh juga, dari beberapa dokter yang bilang saya mempunyai penyakit alergi dingin (karena bila siang hari saya normal) gejalanya, sesak, bersin, bila diberi obat hilang tapi kemudian bila telah habis akan kambuh, saya sudah ke spesialis THT tapi belum ada hasil.

Sekarang ini saya selalu meminum obat sesak nafas setiap mau tidur dan itu sangat menolong saya sekali, walaupun paginya tenggorokan saya terasa sangat kering. Mohon saran dari dokter obat apa yang bisa menghilangkan sakit saya ini. Terima kasih.

Hermawan, 32 tahun, Depok

Jawaban :

Untuk Bapak Hermawan yang baik, bila dilihat dari gejala-gejala yang bapak keluhkan, yang terjadi tiap pagi dan malam hari, dan kemudian menghilang saat siang, kemungkinan besar memang bapak menderita alergi berat. Penting untuk diketahui alergi merupakan sesuatu reaksi mekanisme sistem imun yang menyimpang/ berlebihan dari tubuh seseorang terhadap zat yang menimbulkan reaksi alergi/ alergen.

Alergen dapat masuk kedalam tubuh melalui saluran nafas (inhalan), saluran cerna (ingestan), suntikan (injektan) atau menempel pada kulit (kontaktan), contoh dari masing-masing alergen tersebut antara lain:

Alergen inhalan : tungau debu rumah, serpihan kulit dan bulu kucing atau anjing, kecoak, spora/ jamur.

Alergen ingestan : susu, telur, kacang, ikan laut dan obat oral.

Alergen kontaktan : kosmetik dan logam (perhiasan, jam tangan).

Alergi juga dapat dicetuskan oleh stress fisik dan psikis. Gejala-gejala alergi yang umum berupa sikap-sikap, bersin, sesak nafas dan lain-lain.

Jenis alergi banyak macamnya. Alergi yang terkait dengan pernafasan merupakan alergi yang paling umum dijumpai seperti asthma dan rhinitis (bersin dan pilek terutama di pagi atau dan malam hari).

 

Jenis alergi lain yang terkait dengan kulit seperti urtikaria/ biduran/ kaligata, selain itu mata bengkak dan berair, tenggorokan dan telinga bagian dalam gatal, juga merupakan gejala alergi. Pengobatan aleri dapat dilakukan dengan farmakoterapi yang memperhitungkan keamanan, efektifitas dan kemudahan dalam pemberiannya serta imunotherapy.

Namun yang terpenting adalah menghindari alergen, hidup sehat dengan makan-makanan yang bergizi seimbang, istirahat  yang cukup, serta olahraga teratur. Khusus untuk kasus bapak, sebaiknya bapak memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter THT anda, agar dapat di evaluasi dan diantisipasi kemungkinan komplikasi dari kondisi alergi yang ada, seperti sunusitis, polip atau infeksi lainnya, sehingga mendapatkan penanganna yang cepat, tepat dan akurat. Semoga jelas dengan penjelasan ini ya pak. Salam.

dr. Selfiyanti Bimantara, M.Kes, SpTHT-KL

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement