Rabu 09 Nov 2011 12:00 WIB

Jenis Investasi Keuangan yang Islami

Emas kini menjadi investasi yang diburu di AS
Foto: Reuters
Emas kini menjadi investasi yang diburu di AS

Pertanyaan :

Assalamua’alaikum

 

Saya sedang bingung mengenai investasi keuangan yang halal di mata islam. Sebagai gambaran penghasilan bersih saya sebesar Rp.12 juta. Pengeluaran rutin sebesar Rp 5,5 juta, sebagian sudah saya masukan untuk haji, rekreasi dan keperluan mendadak. Sisanya sebesar 3 juta. Nah, saya bingung mau diapakan Rp 3 juta ini, ingin mencari investasi yang halal dan aman buat akhirat. Mohon bantuan nasihatnya untuk jenis investasi yang harus saya ambil.

 

Kusnu Hariyanto (Hari)

 

Jawaban :

Wa'alaikumsalam wr wb

 

Memang sebagai muslim kita harus memastikan hanya mencari nafkah yang halal, membelanjakannya secara baik untuk memenuhi berbagai kewajiban, dan menginvestasikannya sesuai syariah.

 

Sekarang ini sudah banyak sekali produk keuangan syariah yang bisa Anda pilih sebagai alat investasi. Mulailah dengan hanya memilih bank syariah sebagai tempat parkir dana. Jika menginvestasikan pada asuransi, tentunya hanya pilih asuransi syariah saja. Berinvestasi ke reksadana pun pilihannya banyak sekali, karena saat ini ada puluhan reksadana syariah untuk dipilih. Bahkan jika Anda ingin investasi di pasar modal pun saat ini sudah bisa memilih 200an emiten saham yang sesuai syariah.

 

Investasi bukan hanya melalui produk keuangan, tapi juga dengan cara investasi langsung ke bisnis. Anda bisa memodali pengusaha dengan sistem bagi hasil, atau kerjasama jual-beli yang bisa mengambil untung tanpa mengambil bunga yang tidak sesuai syariah.

 

Jangan biarkan uang Anda menganggur di makan inflasi, dan jangan sampai pula diinvestasikan di jalan yang tidak syar'i. Selamat berinvestasi secara syariah.

 

 

Konsultasi keuangan keluarga diasuh oleh Ahmad Gozali, perencana keuangan pada Safir Senduk & Rekan. Kirimkan pertanyaan Anda ke [email protected]

 

 

www.ahmadgozali.com

@ahmadgozali

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement