Selasa 25 Sep 2012 13:28 WIB

Tips Memilih Bisnis Bagi Seorang Ibu yang Juga Karyawan

Memulai Bisnis Online
Foto: Corbis.com
Memulai Bisnis Online

Pertanyaan:

Saya adalah seorang istri sekaligus seorang ibu satu anak, dan juga seorang pegawai yang ingin menambah penghasilan. Jenis usaha apa ya, yang cocok bagi saya? Terima kasih sebelumnya.

Daniati

Jawaban:

Wah, kalau mau tahu bisnis apa yang cocok sih sebetulnya bisa ada banyak sekali ya... Coba deh, sekarang tuliskan di satu halaman kertas, apa saja masalah yang sering dihadapi oleh teman-teman di kantor atau mungkin tetangga di rumah. Teman-teman di kantor mungkin punya masalah macet, tak sempat sarapan, jam kerja ketat, tak mudah keluar kantor walau cuma ke ATM/bank, perlu baju kerja yang modis tapi murah, sulit cari sekolah yang bagus buat anak, dsb.

Nah, sekarang tulis juga di kertas yang lainnya peluang bisnis apa sih yang sekiranya bisa langsung dijalankan sekarang, tanpa harus banyak yang harus disiapkan atau ditunggu. Misalnya, kalau urusan masak-masak gampanglah, sudah terbiasa masak dan rasanya pun oke. Jualan baju juga bisa tuh, punya koneksi penjual baju yang bagus di Tanah Abang. Tuliskan semua peluang bisnis lainnya yang bisa langsung jalan dengan mudah.

Oke, sekarang coba lihat apakah ada yang cocok antara kertas pertama, kebutuhan pasar, dengan kertas kedua yang berisi peluang usaha. Jika ada yang cocok, langsung saja pilih usaha tersebut karena ada pasarnya, dan siap untuk dijalankan. Kalaupun tidak ada yang cocok, pelajari semua jenis usaha dari kertas pertama dan kertas kedua, lalu pilih salah satu yang bisa dijalankan tanpa mengganggu kegiatan utama sekarang sebagai ibu dan karyawan.

Kalau melihat dari kesibukan sebagai ibu yang harus mengurus anak, juga sebagai karyawan yang memiliki jadwal kerja yang tetap, alternatif bisnis bisa dijalankan yakni bisnis yang berbasis online. Dengan teknologi sekarang sih, bisnis cuma perlu hp pintar untuk display barang, pemesanan, sampai mengecek pembayaran di rekening bank. Barang atau jasanya bisa apapun juga, tapi sarananya menggunakan online. Bisa manfaatkan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, blog gratisan, BBM, dsb.

Selamat berusaha ya, Bu. Sukses untuk Anda.

Ahmad Gozali

 

Konsultasi keuangan keluarga diasuh oleh Ahmad Gozali, perencana keuangan padaSafir Senduk & Rekan. Kirimkan pertanyaan Anda ke [email protected]

 

 

www.ahmadgozali.com

@ahmadgozali

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement