Senin 24 Sep 2012 13:54 WIB

Tidak Mampu Bayar Kartu Kredit, Bagaimana Solusinya?

Kartu Kredit (ilustrasi)
Kartu Kredit (ilustrasi)

Pertanyaan:

Saya sempat baca artikel "Bagaimana Solusi Menyelesaikan Beban Hutang yang Menumpuk". Saya punya hutang kartu kredit hingga 12 juta (di dua bank swasta). Sudah 2 bulan ini saya tidak sanggup untuk membayarnya. Saya sudah coba mengajukan KTA untuk melunasi hutang kartu kredit saya. Masalahnya, persyaratan dari KTA itu adalah kartu kredit yang harus dilampirkan. Karena pembayaran saya di kartu tidak lancar, maka KTA saya selalu di tolak.

Saya sudah mengajukan rescedule ke salah satu bank tersebut. Namun jawaban dari mereka adalah, status kartu masih aktif dan alasan untuk rescedule belum kuat. Padahal, saya sudah bilang kalau saya sudah tidak mampu untuk bayar.

Kira-kira, bagaimana solusinya supaya saya keluar dari masalah ini? Pada awalnya, mereka selalu menawarkan hal yang muluk-muluk agar kita mau mengajukan aplikasi kartu kredit. Begitu kita ada masalah seperti ini, mereka cuek saja tanpa ada solusi. 

David budiutomo

Jawaban:

Pak David, saya turut prihatin dengan masalah yang Anda hadapi sekarang. Mudah-mudahan permasalahan ini bisa segera diselesaikan dengan tuntas ya, Pak.

Memang betul salah satu cara untuk menyelesaikan hutang kartu kredit yang menumpuk, adalah dengan mengajukan KTA untuk menutup hutang kartu kredit tersebut. Sehingga, selanjutnya bisa mencicil dalam jangka waktu lebih panjang dan bunga lebih rendah melalui KTA.

Kenapa bank menolak untuk melakukan negosiasi sekarang? Mungkin karena bank masih memberikan waktu bagi Anda, untuk menyelesaikan permasalahan ini sendiri tanpa keterlibatan bank. Biasanya, bank baru akan melakukan tindak lanjut yang lebih serius jika sudah tidak ada pembayaran, atau kurang bayar dari pembayaran minimum setelah 3 bulan berjalan. Semoga saja di bulan depan, kondisi Anda sudah membaik. Dan kalaupun tidak, bisa langsung mengajukan keringanan kembali pada pihak bank.

Ketika mengajukan KTA, sebetulnya bisa dilakukan tanpa harus melampirkan kartu kredit. Karena KTA biasanya diproses dengan mempertimbangkan kartu kredit yang Anda miliki, atau bisa juga dengan slip gaji. Jadi Anda juga bisa mencoba ajukan KTA dengan melampirkan slip gaji, tanpa kartu kredit. Hal ini sebaiknya diajukan sebelum masuk bulan ketiga cicilan kartu kredit bermasalah, agar status Anda di BI masih aman untuk mengajukan hutang baru.

Demikian yang bisa saya sarankan, Pak David. Semoga membantu ya, Pak. 

Ahmad Gozali

 

Konsultasi keuangan keluarga diasuh oleh Ahmad Gozali, perencana keuangan padaSafir Senduk & Rekan. Kirimkan pertanyaan Anda ke [email protected]

 

 

www.ahmadgozali.com

@ahmadgozali

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement