Kamis 01 Dec 2011 10:00 WIB

Terlilit Utang Kartu Kredit

Kartu kredit palsu
Kartu kredit palsu

Pertanyaan :

Dear, Mr. Ahmad

 

Selamat pagi pak, saya mau menanyakan bagaimana cara kita tetap bisa menabung saat terlilit hutang kartu kredit?

Saya ada dua kartu kredit citibank cash dan Niaga saat saya bekerja di perusahaan yang lama. Karena saya pindah kantor dan saya merasa tidak memerlukan kartu itu lagi saya berencana untuk menutup kedua kartu tersebut, tetapi teman saya berniat mengambil alih kartu itu untuk usaha kecil-kecilan. Lambat laun teman saya tidak mau membayar, dan otomatis tagihan akan di tagihkan ke saya karena kartu tersebut atas nama saya. Jumlah tagihan dari kedua kartu itu kurang lebih 8 juta rupiah.

Bagaimana cara melunasi tagihan itu sekaligus menutupnya dan saya masih bisa menabung walau dengan jumlah yang sedikit dari jumlah minimal tabungan ( anjuran min 10% dr penghasilan ).

 

Rebekah - Surabaya

 

Jawaban :

Mbak Rebekah, pada saat ini prioritas Anda adalah secepatnya melunasi hutang kartu tersebut, terlepas dari siapa yang seharusnya bertanggungjawab, tapi karena kartu tersebut atas nama Anda maka sebaiknya Anda segera melunasinya sebelum ada masalah yang lebih besar. Karena jika pembayaran hutang tersebut ditunda-tunda, maka jumlahnya akan semakin besar dan terus membesar. Selain itu, jika dalam kondisi macet, maka Anda nantinya akan kesulitan untuk mendapatkan kredit lagi  dan bank manapun.

 

Sambil terus berupaya menagih hutang Anda kepada teman Anda tersebut, tetap bayar hutang kartu tersebut di atas tagihan minimalnya. Jadikan pembayaran hutang ini sebagai prioritas utama, sehingga selama beberapa bulan ke depan tidak masalah mengalokasikan jatah untuk tabungan dialihkan menjadi pembayaran hutang.

 

Demikian mbak, semoga cepat selesai ya masalahnya.

 

Konsultasi keuangan keluarga diasuh oleh Ahmad Gozali, perencana keuangan pada Safir Senduk & Rekan. Kirimkan pertanyaan Anda ke [email protected]

 

 

www.ahmadgozali.com

@ahmadgozali

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement