Rabu 10 Aug 2011 11:19 WIB

Anak Kehilangan Nafsu Makan, Bagaimana Solusinya?

Piramida makanan tinggi potasium (Ilustrasi)
Foto: Buzzle.com
Piramida makanan tinggi potasium (Ilustrasi)

Pertanyaan :

Anak saya sudah berumur 4 tahun, laki-laki dan memiliki berat badan 18 kilogram, dalam penglihatan saya dia terbilang kerempeng, berapa berat normal anak seusianya ya dok? Kalau untuk urusan bermain dia tidak pernah kehabisan energi bahkan sangat aktif, namun nafsu makannya kadang turun naik, bagaimana supaya dia mau makan ya dok? Adakah jenis makanan tertentu yang disarankan untuk menambah berat badan anak? Karena dia sangat suka susu formula.

Nita 31 tahun - Kranggan

 

Jawaban :

Bu Nita yang baik hati, tidak perlu berkecil hati melihat buah hati kita berbeda dari anak lain. Karena setiap anak adalah unik dan berbeda. Namun demikian memang perlu ada kewaspadaan dini atas periode tumbuh kembang anak, khususnya dalam periode 0-5 tahun sebagai masa yang krusial sekaligus membutuhkan fase pendampingan orang tua secara optimal tentunya.

Rerata umum berat badan normal anak yang berada di usia 4 tahun adalah dalam kisaran 13 s/d 21 Kilogram. Serta tinggi badan normal seusia tersebut adalah 95-112 cm. Sehingga sepintas jika dilihat dari uraian yang disampaikan anak ibu masih dalam taraf normal. Memang perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan atas kondisi lain untuk melihat tumbuh kembang anak ibu.

Anak dengan usia 4 tahun telah memiliki motorik halus dan motorik kasar yang sudah baik, sehingga hal tersebut yang membuat anak bersikap aktif, hal ini tidak perlu dirisaukan. Bila kemudian anak memiliki perilaku super aktif, sehingga susah berkomunikasi dan bersosialisasi hingga sulit untuk berkonsentrasi ada baik serta perlu sesekali dilakukan konsultasi ke dokter anak untuk dapat melihat taraf perkembangan anak ibu dalam hal ini.

Terkait dengan pola nafsu makan anak yang naik turun, ada kemungkinan hal tersebut dipengaruhi oleh faktor bermain yang aktif tadi. Sehingga alangkah baik, bila pada saat jam makan sebaiknya anak dipilih untuk memiliki kegiatan yang membuatnya berada didalam rumah. Atau membiasakan diri melakukan kegiatan makan bersama secara teratur sehingga hal tersebut dapat mendorong keinginan anak untuk makan.

Sebagai akibat dari asupan atas susu formula yang diberikan memang terkadang membuat hasrat anak untuk makan menjadi berkurang, disebabkan oleh karena susu formula dapat memberikan kebutuhan kadar kalori, sehingga terkadang membuat nafsu makannya menghilang. Sebisa mungkin asupan makanan terbaik bagi sang anak didapatkan dari makanan buah, sayur, lauk pauk secara langsung. Bisa divariasikan semenarik mungkin mekanisme penyajian makanan tersebut, termasuk dalam hal pemilihan menu makanan yang harus mengikuti standar nutrisi seimbang. Semoga anak ibu lekas memiliki nafsu makan setelah ini ya, salam. (YK)

Dr Yuni Kurnia, SpA

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement