Selasa 19 Jul 2011 10:54 WIB

Bagaimana Caranya Mengelola Keuangan Pribadi?

Menabung
Foto: corbis.com
Menabung

Pertanyaan :

Saya mau bertanya tentang cara mengelola keuangan pribadi.Dalam artikel sebelumnya, bapak menyarankan untuk menabung itu idealnya kalau masih single adalah 40% dari pendapatan. Saya juga masih single, umur saya masih 20 tahun. Saya sudah punya pekerjaan tapi saya juga punya tanggungan yaitu membayar kost tiap bulan dan membayar biaya kuliah.

Kalau misalnya saya menabung 40% dari pendapatan saya, sepertinya untuk biaya hidup juga tidak akan cukup.Bagaimana kiat-kiatnya untuk mengatur itu semua?

Iwan Sudara

Jawaban :

Sebelumnya saya sampaikan tabungan untuk single bisa mencapai 40% pun bisa, tentunya bergantung pada kondisi keuangan setiap orang yang berbeda. Dengan kondisi memiliki tanggungjawab lain untuk membayar sewa kos, atau biaya transportasi yang mahal, biaya kuliah dan sebagainya; mungkin jumlah tabungan tidak menjadi sampai 40%, tidak ada masalah. Yang penting adalah, tidak ada alasan untuk tidak menyisihkan sebagian untuk ditabungkan.

 

Memiliki banyak pengeluaran bukanlah alasan untuk tidak menabung. Ini justru alasan untuk lebih banyak menabung. Karena semakin banyak pengeluaran, artinya semakin banyak pula cadangan yang seharusnya disiapkan untuk membayar pengeluaran tersebut. Dan cadangan itu hanya akan ada jika kita menyiapkannya dengan cara menabung dari penghasilan bulanan.

 

Konsultasi keuangan keluarga diasuh oleh Ahmad Gozali, perencana keuangan pada Safir Senduk & Rekan. Kirimkan pertanyaan Anda ke [email protected]

 

 

www.ahmadgozali.com

@ahmadgozali

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement