Sabtu 01 Jun 2024 19:48 WIB

BRIDS Jadi Penjamin Pelaksana Emisi Efek Sukuk ESG BSI

Ini penerbitan sukuk berbasis ESG pertama di Indonesia.

BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS) resmi ditunjuk oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI atau BRIS) sebagai salah satu Penjamin Pelaksana Emisi Efek.
Foto: BRIDS
BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS) resmi ditunjuk oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI atau BRIS) sebagai salah satu Penjamin Pelaksana Emisi Efek.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS) resmi ditunjuk oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI atau BRIS) sebagai salah satu Penjamin Pelaksana Emisi Efek. Penunjukan ini untuk mendukung penerbitan instrumen sukuk berbasis environment, social, governance (ESG) pertama di Indonesia berupa Sukuk Mudharabah Berlandasan Keberlanjutan Berkelanjutan atau Sukuk Sustainability dengan total Penawaran Umum Berkelanjutan senilai Rp 10 triliun.

Direktur Investment Banking Capital Market BRIDS Kevin Praharyawan mengatakan penerbitan Sukuk Sustainability ini dilakukan oleh BSI didasari oleh pesatnya perkembangan pasar surat utang tematik di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, dengan harapan salah satunya adalah untuk memperkaya instrumen keuangan di pasar modal Indonesia.

Baca Juga

“Melalui penerbitan Sukuk Sustainability ini, kami menilai BSI menawarkan pilihan investasi syariah yang menarik dengan risiko yang relatif rendah sesuai dengan rating idAAA dari PEFINDO, imbal hasil yang cukup menarik untuk tenor-tenor pendek, serta kesempatan untuk berpartisipasi di Sustainability Financing. Oleh karena itu, kami yakin Sukuk Sustainability ini dapat diserap oleh pasar dengan baik,” jelas Kevin dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (1/6/2024).

Pada penerbitan Sukuk Sustainability Tahap I, BSI menargetkan total emisi yang akan dihimpun sebanyak-banyaknya sebesar Rp 3 triliun. Sukuk Sustainability ini ditawarkan tiga seri kepada masyarakat yaitu Seri A untuk tenor 370 Hari Kalender dengan indikasi kupon sebesar 6,40 persen - 7,10 persen, Seri B dengan tenor 2 tahun dengan indikasi kupon sebesar 6,45 persen - 7,15 persen, dan Seri C dengan tenor 3 tahun dengan indikasi kupon sebesar 6,50 persen - 7,20 persen.

 

Dana yang diperoleh dari penerbitan Sukuk Sustainability ini nantinya akan digunakan oleh BSI untuk penyaluran pembiayaan baru atau pun pembiayaan yang sudah ada baik langsung maupun tidak langsung atas kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam kategori Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan (KUBL) dan Kegiatan Usaha Berwawasan Sosial (KUBS) sebagaimana diatur dalam POJK No. 18 tahun 2023.

Sebagai informasi, masa penawaran awal Sukuk Sustainability ini dimulai pada 15 Mei 2024 dan akan berakhir pada 30 Mei 2024. Untuk masa penawaran umum rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 11 – 12 Juni 2024, dengan target distribusi secara elektronik di KSEI pada tanggal 14 Juni 2024.

Direktur Utama BRIDS Laksono Widodo mengungkapkan bahwa kinerja BRIDS dari sisi Penjamin Pelaksana Emisi Efek yang baik pada kuartal I 2024 tentunya berperan penting dalam meningkatkan kepercayaan emiten terhadap BRIDS sebagai salah satu Penjamin Pelaksana Emisi pada penerbitan bersejarah tersebut.

Mengutip data Bursa Efek Indonesia (BEI) per 31 Maret 2024, penjaminan emisi surat utang BRIDS berhasil mencatatkan kinerja yang baik dengan menempati posisi Top 3 League Table Bloomberg untuk Penjaminan Emisi Surat Utang.

“Selama lima tahun terakhir, bisnis penjaminan emisi surat utang BRIDS konsisten mencatatkan kinerja yang baik dan dipercaya dapat mendukung berbagai penerbitan surat utang perusahaan-perusahaan di Indonesia. Hal ini tentunya memantapkan posisi BRIDS menjadi salah satu Perusahaan Sekuritas terbaik di Indonesia,” kata Laksono.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement