Kamis 04 Apr 2024 15:03 WIB

Wapres: KDEKS Percepat Ekosistem Halal di Sulawesi Utara

Wapres apresiasi pengembangan ekosistem halal di Sulut yang sudah berjalan.

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin (tengah), Gubernur Sulut Olly Dondokambey (kanan) dan Jubir Wapres Masduki Baidlowi usai pengukuhan KDEKS Sulut di Kota Manado, Kamis (4/4/2024).
Foto: Republika/Febrian Fachri
Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin (tengah), Gubernur Sulut Olly Dondokambey (kanan) dan Jubir Wapres Masduki Baidlowi usai pengukuhan KDEKS Sulut di Kota Manado, Kamis (4/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma'ruf Amin mengatakan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) bisa mempercepat pembentukan ekosistem halal di  Sulawesi Utara (Sulut).

"Saya harap KDEKS yang baru dikukuhkan ini bergerak cepat mengembangkan ekonomi syariah di Sulut," kata Wapres saat memberikan sambutan pada pengukuhan KDEKS ke-28 secara nasional di Manado, Kamis (4/4/2024).

Baca Juga

Wapres mengatakan pengembangan ekosistem halal di daerah Nyiur Melambai ini sudah berjalan sejak beberapa tahun terakhir ini. Namun pengukuhan, KDEKS  baru dilakukan

Ia mengatakan Bank Indonesia bersama pemerintah daerah pasti mampu mengembangkan ekonomi syariah di Sulut, karena merupakan salah satu tujuan wisata halal. Harus diakui, Sulut merupakan daerah dengan toleransi yang tinggi, sehingga penerapan ekonomi syariah pasti akan berjalan baik.

Wapres juga mengapresiasi Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang merupakan satu-satunya kepala daerah yang memahami dengan baik ekonomi syariah. Karena waktu masih sebagai anggota DPR RI, ia ikut membahas program ini.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan pihaknya sangat berterima kasih atas kunjungan Wapres RI KH Ma'ruf Amin beserta istri Wury Ma'ruf Amin ke Bumi Nyiur Melambai ini.

Selain menyaksikan prosesi pengukuhan KDEKS Provinsi Sulut, di tempat yang sama Wapres juga akan menyaksikan pemberian bantuan secara simbolis, yakni PSBI dan Demplot Pertanian Ponpes kepada Pondok Pesantren Hidayatullah Ibolian oleh Gubernur Sulut; Sertifikasi Kompetensi Juleha oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara; Sertifikasi Halal RPH kepada DPKP Manado oleh MUI; Rekor MURI Sajian Mie Cakalang Terbanyak kepada Bank Indonesia oleh MURI; Akta Pembentukan Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) kepada Pondok Pesantren Karya Pembangunan Manado oleh Kemenag Provinsi Sulut; KUR BRI, BNI, Mandiri, BSI, BSG kepada UMKM oleh perbankan terkait; serta Penyerahan Sertifikat Halal UMKM oleh Plt. Direktur Eksekutif KNEKS.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement