Rabu 03 Apr 2024 06:01 WIB

BI Gandeng Masjid Istiqlal Tumbuhkan Literasi Halal Lifestyle di Jakarta   

Penting penting menjadikan Indonesia episentrum ekonomi dan keuangan syariah dunia.

Rep: Bayu Adji P / Red: Gita Amanda
Kantor Perwakilan BI Provinsi Jakarta menggelar kegiatan Ngabuburit Halal Lifestyle di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (2/4/2024).
Foto: Republika/Bayu Adji P
Kantor Perwakilan BI Provinsi Jakarta menggelar kegiatan Ngabuburit Halal Lifestyle di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) bersama Masjid Istiqlal menggelar sosialisasi guna mendorong penguatan literasi halal lifestyle di Wilayah DKI Jakarta, Selasa (2/4/2024) lalu. Sosialisasi itu dilakukan untuk mendukung potensi Indonesia menjadi pusat Ekonomi Syariah terbesar di dunia. 

Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah BI Imam Hartono mengatakan terdapat tiga hal penting untuk menjadikan Indonesia sebagai episentrum ekonomi dan keuangan syariah dunia. Pertama, adalah dengan penguatan ekosistem produk halal. Kedua, penguatan keuangan syariah.

Baca Juga

"Ketiga, penguatan literasi, inklusi, dan halal lifestyle atau gaya hidup halal," kata dia, Selasa.

Menurut Imam, perlu dukungan untuk mendorong terbentuknya ekosistem halal value chain, khususnya sektor makanan-minuman halal, menguatnya branding modest fashion, dan meningkatnya minat pada pariwisata ramah muslim yang terintegrasi dengan kawasan halal lifestyle. Salah satu dukungan yang dilakukan BI adalah menggelar berbagai macam kegiatan seperti Festival Ekonomi Shariah (FESyar) dan Indonesia Sharia economic Festival (ISEF) yang dilaksanakan setiap tahun.

Ia menjelaskan, ekosistem halal akan menjadi game changer bagi perekonomian di Indonesia. Pasalnya, terdapat banyak ekosistem halal yang ada di Indonesia, seperti keuangan syariah, makanan dan minuman halal, modest fashion, pariwisata ramah muslim, serta farmasi dan kosmetik.

Karena itu, Imam mengajak seluruh jamaah untuk saling memotivasi dan bersinergi meningkatkan literasi keuangan syariah di Indonesia. “Mari kita bergandengan tangan memperkuat jalinan ukhuwah dan bersama-sama meningkatkan literasi ekonomi syariah masyarakat, mendukung penguatan ekosistem syariah, demi kemajuan dan keberkahan perekonomian umat, bangsa dan negara," kata dia. 

Kepala Bidang Riayah Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) Ismail Cawidu mengatakan, Masjid Istiqlal Jakarta turut berperan aktif dalam mendukung inisiatif penguatan ekosistem halal melalui peningkatan literasi halal lifestyle. Selain itu, pihaknya bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) juga mendorong sertifikasi halal Bagi UMKM.

"Kami mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas dukungan BI melalui program Amaliyah Ramadhan kepada Masjid Istiqlal," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement