Kamis 22 Feb 2024 19:20 WIB

Suku Bunga BI Tetap 6 Persen, Bank Mega Syariah Optimistis Pembiayaan Konsumer Naik

Pembiayaan konsumer BMS pada 2023 naik sekitar 31 persen dari tahun sebelumnya.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Lida Puspaningtyas
Pekerja membagikan balon saat acara puncak perayaan milad ke-19 BMS yang diadakan di sela antusiasme masyarakat  yang tengah memadati Car Free Day (CFD) di area Sarinah, Jln M.H Thamrin, Jakarta, Ahad (27/8/2023).Bank Mega Syariah (BMS) mengadakan Gerak Bersama Mega Syariah yang dimulai dengan kegiatan Fun Walk bersama jajaran manajemen, pegawai dan nasabah BMS di Anjungan Sarinah, Jalan M.H Thamrin Jakarta. BMS juga memanfaatkan kegiatan sebagai ajang sosialisasi produk dan layanan unggulannya seperti aplikasi mobile banking M-Syariah dan produk kartu pembiayaan Syariah Card.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Pekerja membagikan balon saat acara puncak perayaan milad ke-19 BMS yang diadakan di sela antusiasme masyarakat yang tengah memadati Car Free Day (CFD) di area Sarinah, Jln M.H Thamrin, Jakarta, Ahad (27/8/2023).Bank Mega Syariah (BMS) mengadakan Gerak Bersama Mega Syariah yang dimulai dengan kegiatan Fun Walk bersama jajaran manajemen, pegawai dan nasabah BMS di Anjungan Sarinah, Jalan M.H Thamrin Jakarta. BMS juga memanfaatkan kegiatan sebagai ajang sosialisasi produk dan layanan unggulannya seperti aplikasi mobile banking M-Syariah dan produk kartu pembiayaan Syariah Card.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keputusan Bank Indonesia menahan suku bunga acuan di level 6 persen berdampak pada strategi pemberian kredit dan menjaga profitabilitas. Berdasarkan laporan Analisis Uang Beredar yang dirilis Bank Indonesia (BI), kredit konsumsi perbankan pada Desember 2023, turun dibandingkan pertumbuhan pada November 2023 sebesar 9,1 persen.

Meski demikian, Bank Mega Syariah tetap optimistis terhadap bisnis di segmen konsumer pada tahun 2024. Hal ini tidak lepas dari hasil positif yang diraih Bank Mega Syariah pada pembiayaan konsumer sepanjang  tahun lalu.

Baca Juga

Consumer Financing Business Division Head Bank Mega Syariah, Raksa Jatnika Budi mengungkapkan, Bank Mega Syariah mencatat pertumbuhan positif dalam penyaluran pembiayaan konsumer pada 2023 dengan volume pembiayaan mencapai lebih dari Rp 330 miliar. Pertumbuhan ini menunjukkan peningkatan sekitar 31 persen dari tahun sebelumnya.

“Produk dengan kontribusi terbesar untuk pencapaian konsumer di 2023 adalah Flexi Mitra, yaitu produk pembiayaan tanpa agunan, dengan program SERABI atau Serba Murah Serba Bisa sebagai program yang menjadi booster kinerja konsumer,” jelas Raksa, Kamis (22/2/2024).

Raksa menjelaskan program ini memberikan margin yang kompetitif dan tidak memperhitungkan kewajiban nasabah pada lembaga keuangan lainnya. Diharapkan, manfaat dari produk Flexi Mitra bisa dirasakan oleh masyarakat luas, kami telah bekerja sama dengan Group CT Corp dan Non-CT Corp terkait penyaluran pembiayaan ini,” ujar Raksa.

Menghadapi tahun 2024, Bank Mega Syariah fokus meningkatkan perbaikan proses pembiayaan yang lebih cepat. Menurut Raksa, implementasi peningkatan pada sistem internal bank akan mendukung upaya tersebut.

“Dengan target pasar seluruh perusahaan CT Corp dan perusahaan mitra yang bekerja sama dengan Bank Mega Syariah, kami yakin dapat mempertahankan pertumbuhan positif dalam penyaluran pembiayaan konsumer di tahun 2024 ini,” Kata Raksa.

Bisnis konsumer Bank Mega Syariah juga didukung dengan beberapa produk program baru yang diluncurkan tahun ini. Pertama adalah program Flexi Mitra Mabrur yaitu pembiayaan tanpa agunan untuk jasa pengurusan porsi haji khusus.

Kedua, adalah program Flexi Home Extra yaitu pembiayaan refinancing untuk kebutuhan konsumtif halal lainnya dengan agunan rumah dan biaya admin hanya 0,5 persen dari plafon pembiayaan.

Ketiga, adalah program Flexi Home Benefit Plus, yaitu pembiayaan take over rumah dari Bank manapun dengan margin kompetitif, yang membantu masyarakat dalam menghadapi angsuran KPR yang semakin tinggi dan tidak tentu.

Program ini diyakini akan meningkatkan performa Bank Mega Syariah, terbukti dengan dalam 2 bulan sejak peluncuran program ini telah mencatat pembukuan pembiayaan sebesar Rp 24 miliar.

“Bank Mega Syariah tetap berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dan solusi finansial yang inovatif bagi nasabahnya, serta turut mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui penyaluran pembiayaan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan,” ujar Raksa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement