Jumat 09 Feb 2024 16:07 WIB

Kemenkop Siap Berikan Pendanaan Syariah Hingga Rp 10 Miliar ke UMKM

Kemenkop juga menyiapkan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM melalui EFF.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Fuji Pratiwi
Logo Kementerian Koperasi dan UKM
Foto: Twitter Kemenkop UKM
Logo Kementerian Koperasi dan UKM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) akan meluncurkan program Entrepreneur Financial Fiesta (EFF) 2024. EFF merupakan program akselerasi dan pembiayaan bisnis yang rutin yang digelar setiap tahun.

Asisten Deputi Pembiayaan Wirausaha dan Pengelolaan Jabatan Fungsional Kewirausahaan Kemenkop Edhi Kusdiyarwoko Dwikuncono menjelaskan, program ini bertujuan meningkatkan akses para pelaku usaha ke berbagai skema permodalan bisnis. "EFF 2024 hadir untuk memberikan dorongan baru bagi perkembangan UMKM di Indonesia," ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip pada Jumat (9/2/2024).

Baca Juga

Kemenkop, kata dia, berkomitmen mendukung para wirausaha dengan akses pembiayaan yang lebih mudah. Juga melakukan pendampingan secara holistik.

Edhi melanjutkan, salah satu solusi utama yang akan ditawarkan dalam EFF 2024 yakni Securities Crowdfunding. Itu akan diwadahi melalui platform online LBS Urun Dana. 

 

LBS Urun Dana merupakan platform Securities Crowdfunding berbasis syariah yang telah diizinkan dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Aspek syariahnya pun diawasi.

Melalui EFF 2024, lanjut dia, bersama LBS Urun Dana, para wirausaha bisa mendapatkan pembiayaan syariah guna mengembangkan permodalan bisnis hingga Rp 10 miliar. Selain itu ada serangkaian acara yang diselenggarakan dalam kegiatan kali ini.

Di antaranya webinar yang membahas pengenalan program EFF 2024. Ada pula sosialisasi Securities Crowdfunding sebagai mekanisme pembiayaan yang inovatif dan inklusif.

Kemudian ada bootcamp yang dipimpin pemateri berkompeten. Tujuannya membahas mengenai pendanaan saham, pendanaan sukuk, hingga digital marketing

Selanjutnya ada juga kelas mentoring yang membahas mengenai prospektus perencanaan bisnis, keuangan hingga pendanaan. Terakhir, Listing dan Financing, membahas soal pembagian modal yang dibutuhkan oleh wirausaha kepada para investor dengan skema bagi hasil. 

Edhi berharap, program ini bisa menjadi solusi inovatif dalam bentuk akses pembiayaan yang lebih mudah. Sekaligus pendampingan komprehensif bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). "EFF 2024 siap mengubah paradigma pembiayaan bagi wirausaha di Indonesia," kata dia.

Informasi lebih lanjut tentang EFF 2024 dan LBS Urun Dana bisa didapatkan di website eff.kemenkopukm.go.id. 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement