Rabu 07 Feb 2024 18:17 WIB

OJK Setujui Bembi Juniar Sebagai Direktur Utama Hijra Bank

Bembi berpengalaman sebagai bankir di beberapa bank syariah nasional dan asing.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
Hijra Bank dari Alami Group
Foto: Hijra Bank
Hijra Bank dari Alami Group

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada hari ini (7/2/2024) merestui penunjukan Bembi Juniar sebagai Direktur Utama Hijra Bank, bank digital syariah di Indonesia. Hal itu setelah melalui serangkaian persiapan dan uji kelayakan dan kepatutan oleh OJK. 

Salah satu pendiri Grup Hijra tersebut lulus dan dikukuhkan sebagai pimpinan utama di perusahaan melalui mekanisme pengangkatan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Penunjukan Bembi menandai tonggak penting bagi perkembangan dan penguatan Hijra Bank dalam mencapai target pada 2024.

Baca Juga

Sejak meluncur dan mulai melayani masyarakat pada Desember 2022, Hijra Bank memosisikan diri sebagai bank digital syariah yang modern, tepercaya, dan mampu  menjawab kebutuhan masyarakat dalam bertransaksi secara syariah tanpa ragu. Meski relatif baru, Hijra Bank mencatatkan volume transaksi meningkat hingga empat kali lipat, dan jumlah pengguna naik dua kali lipat, tentu menjadi bekal kuat untuk kepemimpinan baru ini.

"Fokus Hijra Bank adalah inovasi produk dan layanan, ekspansi, dan akuisisi pengguna melalui berbagai kerja sama dan inisiatif strategis. Tahun ini, kami merencanakan lebih banyak fitur dan layanan, sehingga platform Hijra Bank makin mempermudah penggunanya mendukung gaya hidup lebih baik," kata Direktur Utama Hijra Bank Bembi Juniar dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (7/2/2024). 

 

Hijra Bank, sebagai bagian ekosistem Grup Hijra yang ditopang Hijra Bank dan ALAMI P2PL Sharia secara signifikan berkontribusi terhadap ekspansi dan pertumbuhan keseluruhan perusahaan. Hingga 2023, ekosistem Hijra mampu meraih total penyaluran pembiayaan lebih dari Rp 5,6 triliun menyasar lebih dari dua ribu UMKM pada 16 ribu proyek pembiayaan atau setara dengan penciptaan 24.000 lapangan pekerjaan baru. 

"Secara keseluruhan, ekosistem Hijra telah digunakan lebih dari 300 ribu pengguna," ujar Bembi.

Bembi bersama seluruh manajemen menyatakan akan fokus membentuk ratusan kolaborasi dalam berbagai bentuk. Khususnya kemitraan strategis dengan brand dan komunitas besar untuk memperluas jangkauan pengguna dengan manfaat yang beragam, serta memperkuat seluruh ekosistem yang terlayani.

Bembi memiliki latar belakang kuat sebagai bankir di beberapa perbankan syariah nasional maupun mancanegara yakni Emirates Islamic, salah satu bank besar di Uni Emirat Arab (UEA), menandai langkah strategis Hijra Bank untuk mempercepat pertumbuhan bisnis. Selain itu juga terbentuknya ekosistem teknologi keuangan syariah, sambil memastikan bisnis berjalan lancar dan fokus pada kualitas layanan pengguna.

"Saya memastikan tidak ada perubahan operasional pada masa transisi kepemimpinan, sehingga bisnis tetap berjalan lancar dan terfokus pada produk serta layanan perbankan yang telah ada. Hijra Bank akan memberdayakan seluruh potensi serta keahlian tim bersama seluruh pendukung kami untuk mencapai kesuksesan lebih baik di masa depan," ungkap Bembi. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement