Jumat 19 Jan 2024 23:41 WIB

Wapres Paparkan Upaya Strategis Perkuat Ekosistem Halal Nasional

Pemerintah terus memperkuat infrastruktur ekosistem halal dengan insentif.

Wakil Presiden Maruf Amin saat menyampaikan keterangan dalam agenda Brawijaya Halal Summit 2024 di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, Jumat (19/1/2024).
Foto: ANTARA/Andi Firdaus
Wakil Presiden Maruf Amin saat menyampaikan keterangan dalam agenda Brawijaya Halal Summit 2024 di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, Jumat (19/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin memaparkan sejumlah upaya strategis yang perlu dilakukan untuk memperkuat ekosistem halal nasional saat Brawijaya Halal Summit 2024 di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (19/1/2024).

Dalam kunjungannya di Universitas Brawijaya, Ma'ruf Amin menyebutkan tiga hal yang menjadi upaya strategis dan perlu dilakukan untuk memperkuat ekosistem halal nasional.

Baca Juga

"Pertama, sebarluaskan pemahaman tentang praktik-praktik beretika dan berkelanjutan, serta tingkatkan kolaborasi multi pihak agar tercipta tatanan ekosistem halal yang semakin baik," kata Ma'ruf Amin.

Dia menjelaskan para pelaku industri halal harus digerakkan agar senantiasa mengedepankan nilai-nilai syariah dalam praktik usaha, serta terus menularkan kebaikan syariah secara universal.

 

Secara khusus, lanjutnya, para pelaku industri juga perlu terus didorong agar masuk dalam kawasan dan sentra-sentra industri halal, serta dibarengi dengan program pendampingan berkelanjutan bagi pelaku industri.

"Secara simultan, Pemerintah terus memperkuat infrastruktur ekosistem halal, termasuk menyediakan insentif fiskal dan non-fiskal, guna meningkatkan inklusi dan investasi di sektor industri halal," tambah Ma'ruf Amin.

Strategi kedua, lanjut Ma'ruf Amin, partisipasi industri keuangan syariah dalam ekosistem halal harus diaktifkan, terutama dalam menjembatani akses pembiayaan syariah bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Selain mendorong peningkatan inklusi lembaga keuangan mikro syariah, seperti BMT dan koperasi syariah, Pemerintah juga terus mendorong agar UMKM memperoleh pendanaan dari pasar modal," jelasnya.

Selain itu, para pelaku industri halal juga perlu mendapat edukasi tentang beragam peluang inovasi pendanaan syariah, salah satunya melalui penerbitan sukuk atau saham syariah UMKM yang kini semakin berkembang nilainya.

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf Amin secara resmi meluncurkan UB Halal Center dan UB Halal Metric dalam rangkaian Brawijaya Halal Summit 2024. Keberadaan UB Halal Center juga memiliki peran dalam penguatan ekosistem halal nasional.

"Ketiga, UB Halal Center agar meningkatkan kolaborasi riset dan kajian di bidang halal, termasuk terkait penataan rantai pasok dan ekosistem halal yang menjamin etika dan keberlanjutan," tambah Ma'ruf.

Segala bentuk kerja sama yang bisa dilakukan oleh UB Halal Center, katanya, harus terus dibangun agar ekosistem halal regional semakin berkembang, serta berkontribusi positif pada penguatan ekosistem halal nasional.

"Termasuk dengan menjadikan para akademisi sebagai pionir riset dan pengembangan sektor halal," ujar Wapres Ma'ruf Amin.

Brawijaya Halal Summit 2024 mengusung tema Pioneering Sustainable and Ethical Practices in the Halal Ecosystem dan akan menghadirkan berbagai pembicara termasuk akademisi dari Thailand dan Malaysia.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement