Kamis 04 Jan 2024 13:31 WIB

Transaksi Cashless Bank Mega Syariah Melonjak

Peningkatan signifikan juga terlihat pada penggunaan aktivitas belanja masyarakat.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ahmad Fikri Noor
Ilustrasi layanan Syariah Card Bank Mega Syariah.
Foto: Republika
Ilustrasi layanan Syariah Card Bank Mega Syariah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Momen libur akhir tahun sering kali diwarnai dengan berbagai aktivitas keuangan seperti belanja, transfer uang, dan berbagai transaksi lainnya. Pada momen spesial itu, transaksi keuangan kerap kali melonjak dibandingkan hari-hari biasanya.

Menurut data yang dirilis Bank Indonesia (BI), jumlah uang kartal yang beredar selama periode Nataru tahun ini mencapai Rp 130,37 triliun. Jumlahnya mengalami peningkatan sebesar 11 persen dari realisasi pada tahun 2022 yang sebesar Rp 117,7 triliun.

Baca Juga

Peningkatan signifikan juga terlihat pada penggunaan aktivitas belanja masyarakat. Bahkan, selama bulan Desember penggunaan kartu kredit dari Bank Mega Syariah atau Syariah Card melonjak hingga 50 persen dibandingkan bulan November.

"Penggunaan Syariah Card terbanyak selama Desember terdapat di merchant kategori retail dan marketplace, diikuti oleh clothing dan apparel serta restoran. Peningkatan jumlah ini mencerminkan kepercayaan nasabah kami dalam memilih solusi keuangan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, serta keserbagunaan kartu kami dalam mendukung kebutuhan belanja mereka,” ungkap Syariah Card Business Division Head Bank Mega Syariah Eva Dahlia Kusumawati dalam keterangan, Kamis (4/1/2024).

 

Selain berbelanja dengan Syariah Card, nasabah juga semakin cenderung mengandalkan kemudahan dan keamanan layanan digital. Digitalisasi di bank syariah yang terus berkembang membuat nasabah semakin nyaman dalam melakukan aktivitas perbankan.

Selama periode 22 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024, Bank Mega Syariah mencatatkan kenaikan aktivitas transaksi melalui aplikasi mobile banking M-Syariah yang meningkat 24 persen dari rata-rata transaksi harian di bulan Desember 2023. Fitur M-Syariah yang paling diminati selama periode tersebut adalah layanan transfer yang mencatatkan persentase transaksi tertinggi.

Digital Business and Product Management Division Head Bank Mega Syariah Benadicto Alvonzo Ferary mengatakan, nasabah dapat dengan mudah dan cepat melakukan berbagai transaksi keuangan melalui aplikasi mobile banking Bank Mega Syariah yaitu M-Syariah. Melalui M-Syariah, nasabah dapat dengan mudah melakukan pembayaran dengan fitur QRIS. Selain itu, nasabah juga bisa isi saldo dompet digital seperti Shopeepay, Gopay, OVO, Dana dan Linkaja.

“Dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah, Bank Mega Syariah berkomitmen untuk memperkuat pengalaman digital melalui inovasi dan digitalisasi, memastikan nasabah dapat menikmati kenyamanan dan kemudahan dalam setiap transaksi mereka,” ungkap Benadicto.

Peningkatan transaksi M-Syariah selama momen libur akhir tahun turut berkontribusi pada pertumbuhan pendapatan bank yang bersumber dari biaya atau fee based income. Total fee based income yang diperoleh pada periode 22 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024 naik 22 persen dari rata-rata fee based harian di bulan Desember Selain menghadirkan solusi layanan finansial, mobile banking M-Syariah juga dilengkapi fitur Islami seperti ZISWAF, Arah Kiblat, Masjid Terdekat dan Jadwal Sholat.

“Kami akan terus menghadirkan layanan terbaru dan inovatif ke depan,” pungkas Benadicto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement