Jumat 01 Dec 2023 19:28 WIB

Sabet Penghargaan Pembiayaan UMKM Terbaik ASR 2023, Ini Jurus CIMB Niaga Syariah

CIMB Niaga Syariah akselerasi persetujuan pembiayaan dan margin kompetitif bagi UMKM.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Fuji Pratiwi
Head of Sharia Business Banking CIMB Niaga Syariah, Riboet Budiono usai menerima penghargaan Anugerah Syariah Republika 2023 kategori Pembiayaan UMKM Terbaik di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Kamis (30/11/2023) malam.
Foto: Republika/Dedy Darmawan
Head of Sharia Business Banking CIMB Niaga Syariah, Riboet Budiono usai menerima penghargaan Anugerah Syariah Republika 2023 kategori Pembiayaan UMKM Terbaik di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Kamis (30/11/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bank CIMB Niaga Syariah meraih penghargaan Pembiayaan UMKM Terbaik dalam Anugerah Syariah Republika (ASR) 2023 yang digelar di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Kamis (30/11/2023) malam. 

Head of Sharia Business Banking CIMB Niaga Syariah Riboet Budiono usai menerima penghargaan, menyampaikan apresiasinya kepada Republika yang terus mendorong industri keuangan syariah agar terus maju. "Ini bagus dan mendorong kita untuk terus berkreasi karena kita tahu syariah harus tetap tumbuh dan dengan penghargaan ini sekaligus mendorong peningkatan literasi keuangan syariah," kata Riboet.

Baca Juga

Ia menyampaikan, CIMB Niaga Syariah sangat mendukung perkembangan UMKM di Indonesia. Hal itu juga selaras dengan aspirasi pemerintah untuk memperkuat ekonomi dari sisi UMKM sehingga terjadi pemerataan. 

Menurutnya, pertumbuhan pembiayaan UMKM sejak Desember 2022 hingga Oktober 2023 tercatat mencapai 62 persen. Tingginya pertumbuhan itu menunjukkan CIMB Group berkomitmen untuk mendukung kemajuan pelaku UMKM di Tanah Air. 

 

"Keunggulan kita adalah, kita siapkan program akselerasi percepatan persetujuan juga dengan struktur margin yang kompetitif juga sangat menarik untuk UMKM karena biaya yang cukup rendah," kata Riboet. 

Ke depan, ia juga berharap Republika sebagai media massa nasional juga ikut mendukung tumbuhnya wiraswasta baru di Indonesia dengan ekosistem platform digital yang telah dimiliki. 

Pemimpin Redaksi Republika, Elba Damhuri mengatakan, perhelatan Anugerah Syariah Republika 2023 merupakan kali ketujuh sejak pertama digelar pada 2017 lalu. 

"Anugerah Syariah Republika adalah bentuk apresiasi terhadap pelaku perekonomian syariah di Indonesia," ujar Elba.

Elba melanjutkan, selain sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan keuangan syariah, ASR juga menjadi ajang silaturahmi bagi seluruh pelaku keuangan syariah di tanah air, baik itu terkait produk layanan hingga terobosan inovasi. Termasuk transformasi digital untuk mengikuti kebutuhan masyarakat.

Republika menilai, perkembangan ekonomi syariah sangat potensial, bahkan menurutnya saat ini keuangan syariah telah menjadi bagian yang tak terlepaskan dari kehidupan masyarakat Indonesia, sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia. "Republika selalu percaya bahwa keuangan syariah dapat memberikan kontribusi dan manfaat yang signifikan terhadap pembangunan masyarakat di Indonesia, untuk itu sejak awal kami selalu memberikan dukungan penuh," jelasnya.

Seperti perhelatan sebelumnya, tahun ini pun tim Republika menseleksi lembaga keuangan bank maupun nonbank, lembaga filantropi, fintech, provinsi untuk bisa mendapatkan penghargaan karena berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi syariah.

Sedikitnya ada 28 penghargaan yang diberkan Republika berikan untuk para pelaku ekonomi syariah. Republika berharap penghargaan ini bisa memotivasi semua pihak untuk bersama mendukung ekonomi syariah dan bersama memajukan keuangan syariah di Indonesia.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement