Senin 06 Nov 2023 20:18 WIB

Bank NTB Syariah Adakan Pelatihan Financial Planning dengan Sakinah Finance 

Pelatihan memberikan pemahaman mendalam tentang strategi financial planning.

Bank NTB Syariah bekerja sama dengan Sakinah Finance menyelenggarakan pelatihan bertema tentang masalah keuangan keluarga.
Foto: dok. Republika
Bank NTB Syariah bekerja sama dengan Sakinah Finance menyelenggarakan pelatihan bertema tentang masalah keuangan keluarga.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Bank NTB Syariah bekerja sama dengan Sakinah Finance menyelenggarakan pelatihan bertema tentang masalah keuangan keluarga, persiapan pensiun, manajemen keuangan keluarga, serta edukasi anak-anak dan dewasa. Pelatihan yang bertempat di Auditorium Raudhah kantor pusat Bank NTB di Mataram ini merangkul hampir seribu peserta yang terdiri dari pegawai internal Bank Indonesia NTB Syariah, masyarakat umum serta dihadiri juga oleh komunitas disabilitas Lombok. 

Acara yang berlangsung Sabtu-Ahad (4-5/11/2023 ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang strategi financial planning yang tepat guna mengantisipasi masalah keuangan dalam lingkup personal dan keluarga. Peserta juga mendapatkan wawasan tentang manajemen keuangan, investasi, dan perencanaan masa depan yang berkelanjutan yang dapat dijadikan ide pengembangan produk di Bank NTB Syariah. 

Turu hadir Haji Muhamad Usman-Direktur Pembiayaan, Haji Nurul Hadi-Direktur Dana & Jasa, Ibnurusd Al Hafied-Deputy General Manager CMO Divisi RM, dan Sahmad-Deputy General Manager Divisi KSM. Muhamad Usman dalam sambutannya mengatakan, bahwa kadang suami istri juga bingung ketika mengelola keuangannya. “Ada cerita istri yang memegang ATM suami dimana seluruh gajinya di situ. Supaya bisa belanja, suaminya tengah malam mengambil kartu ATM nya diam-diam dan mengambil sebagian uangnya dari ATM. Ini seru ya” ujar dia dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Senin (6/11/2023).

Dengan mengundang komunitas disabilitas, diharapkan masyarakat akan menjadi lebih sadar dan peduli terhadap hak-hak mereka. Demikian pula, Sakinah Finance berharap, akan ada produk perbankan khusus yang dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Notonagoro Sabdo Gusti, pengajar tuli Muslim Lombok mengatakan, bahwa dengan adanya acara ini masyarakat menjadi lebih tahu bahwa penyandang disabilitas juga memiliki hak yang sama, salah satunya dalam ber-muamalah. 

Di acara penutupan, Bank NTB Syariah menyampaikan rasa terima kasih atas terlaksananya pelatihan yang dibawakan oleh trainer-trainer Sakinah Finance yaitu Murniati Mukhlisin, Luqyan  Tamanni, Agus Helly, dan Andi Irawan. “Adapun insight yang sangat berkesan adalah banyak hal-hal yang dibawakan oleh Sakinah Finance yang selama ini salah dipraktikkan di lapangan, terkait dengan pengelolaan harta rumah tangga, nafsu belanja, mengurus utang, memilih investasi, hukum waris, wasiat dan juga hal-hal yang sifatnya perencanaan keuangan secara detai,,” tutur Deputy General Manager CMO Divisi RM Ibnurusd dalam sambutannya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement