Kamis 05 Oct 2023 23:06 WIB

Pemkab Aceh Timur Tingkatkan Partisipasi Warga Kembangkan Pariwisata

Upaya yang dilakukan di antaranya mendorong masyarakat membentuk desa wisata.

Brand Pariwisata Aceh
Foto: Facebook Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh
Brand Pariwisata Aceh

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAACEH -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur terus berupaya meningkatkan partisipasi warga dalam mengembangkan pariwisata di daerah itu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Asisten Pemerintahan Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Timur Syahrizal Fauzi di Aceh Timur, Kamis (5/10/2023), mengatakan, meningkatnya kunjungan wisatawan turut berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

Baca Juga

"Kami terus mendorong partisipasi masyarakat dalam mengembangkan pariwisata, sehingga kunjungan wisatawan ke Aceh Timur meningkat. Meningkatnya kunjungan tersebut tentu berdampak pada perekonomian masyarakat," kata Syahrizal Fauzi

Pernyataan tersebut disampaikan Syahrizal Fauzi pada peluncuran Gampong Alue Nyamok, Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur, sebagai desa wisata.

 

Ia mengatakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan partisipasi tersebut di antaranya mendorong masyarakat membentuk desa wisata. Kehadiran desa wisata menunjukkan bahwa ada peran serta masyarakat dalam majukan pariwisata di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

Gampong Alue Nyamok, kata Syahrizal Fauzi, merupakan desa wisata pertama di Kabupaten Aceh Timur. Sebagai desa wisata, akan banyak tumbuh usaha masyarakat yang mendukung pengembangan pariwisata.

"Tumbuhnya usaha-usaha masyarakat tentu berdampak positif terhadap perekonomian di dan terbuka lapangan pekerjaan. Dan ini tentu, meringankan kerja pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan," katanya.

Oleh karena itu, pemerintah daerah terus mendorong masyarakat meningkatkan partisipasi dalam menentukan desa wisata. Sebab, pembentukan desa wisata berdasarkan usulan masyarakat.

"Kami optimis kehadiran desa wisata akan memberi dampak positif kepada kemajuan pariwisata. Tentunya, pengembangan pariwisata ini tetap memegang nilai-nilai luhur serta kearifan lokal," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Timur Syahril mengatakan kehadiran desa wisata pertama di daerah itu membuktikan pariwisata di Kabupaten Aceh Timur mulai berkembang.

"Kehadiran desa wisata itu menunjukkan bahwa peran serta masyarakat dalam mengembangkan pariwisata begitu tinggi. Dan kami yakin pariwisata Aceh Timur bisa lebih maju lagi di masa mendatang," kata Syahril.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement