Kamis 05 Oct 2023 06:41 WIB

Mega Syariah Kontribusi 75,32 Persen Jual CWLS Ritel SWR-004

Total volume pemesanan pembelian SWR-004 mencapai Rp 112,56 miliar.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Lida Puspaningtyas
Pelayanan perbankan syariah.
Foto: Bank Mega Syariah
Pelayanan perbankan syariah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Mega Syariah (BMS)  mencatat penjualan Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) Ritel SWR-004 senilai Rp84,79 miliar selama masa penawaran 7 Juli 2023 hingga 31 Agustus 2023. Ini adalah pencapaian yang luar biasa, karena BMS mencatatkan hasil penjualan terbesar di antara bank syariah mitra distribusi (midis) yang ditunjuk oleh pemerintah dan memberikan kontribusi sebesar 75,32 persen dari total volume pemesanan pembelian SWR-004 yang mencapai Rp 112,56 miliar.

Direktur Bisnis Bank Mega Syariah Rasmoro Pramono Aji menyebut keberhasilan ini memperkuat posisi BMS dalam mendukung program pemberdayaan ekonomi dan investasi syariah yang memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia.

Baca Juga

“Kami sangat gembira dan bersyukur atas pencapaian ini. Ini adalah bukti nyata kerja keras dan komitmen tim kami untuk mendukung pengembangan keuangan syariah di Indonesia,” ungkap Rasmoro dalam keterangan yang dikutip Rabu (4/10/2023).

Rasmoro mengatakan, saat ini BMS terus berusaha mempermudah masyarakat yang ingin berwakaf dengan menyediakan platform pemesanan online melalui microsite khusus. Dengan akses yang mudah, baik individu maupun institusi dapat berpartisipasi dalam program SWR-004 dan berkontribusi dalam upaya pemberdayaan sosial yang lebih besar. BMS sebelumnya telah sukses mendistribusikan total penjualan CWLS pada seri SWR-002 dan SWR-003 dengan capaian Rp 8,49 miliar dan Rp 5,8  miliar.

Komitmen dan kerja sama yang kuat dari berbagai pihak juga menjadi pendorong utama kesuksesan penjualan CWLS ini. Strategi yang diterapkan oleh BMS meliputi sosialisasi yang melibatkan lembaga nazhir, mitra strategis, dan stakeholder lain yang berpotensi menjadi wakif (pemberi wakaf),

“BMS juga mengandalkan tim marketing untuk mengajak nasabah agar dapat ikut berpartisipasi dalam program SWR-004,” ungkap Rasmoro.

SWR-004 memiliki tenor dua tahun yang akan berakhir pada 10 September 2025 dan menawarkan imbal hasil atau kupon mengambang sebesar 5,85 persen setiap tahunnya. Imbal hasil ini akan digunakan untuk mendukung program-program yang memiliki dampak sosial dan ekonomi positif bagi masyarakat.

Salah satu program utama yang akan dibiayai oleh SWR-004 ini adalah pemberdayaan petani dan peternak yang produktif dan berkelanjutan. CWLS SWR-004 merupakan produk investasi sosial yang bertujuan untuk mendukung program pemberdayaan ekonomi umat dan kegiatan sosial kemasyarakatan.

Selain itu, hasil positif juga ditorehkan BMS dalam kinerja keuangan hingga paruh pertama 2023. Hingga Juni 2023, bank  telah membukukan laba bersih Rp138,21 miliar. Angka tersebut tumbuh 4,21 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) dibandingkan dengan posisi sebelumnya Rp 132,62 miliar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement