Selasa 19 Sep 2023 05:32 WIB

Punya Perwakilan di Shanghai, Wapres Minta LPPOM MUI Cari Investor Industri Halal

Potensi produk halal Indonesia saat ini dinilai cukup besar untuk dikembangkan.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ahmad Fikri Noor
Pengunjung melintas di dekat logo halal.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pengunjung melintas di dekat logo halal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin meminta jajaran Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM) MUI Shanghai Al Amin mengkampanyekan produk halal Indonesia ke pengusaha China. Wapres mengatakan, potensi produk halal Indonesia saat ini cukup besar untuk dikembangkan, baik untuk dalam negeri maupun di kancah internasional. Hal ini disampaikan Wapres saat menyambangi Kantor Perwakilan LPPOM MUI Shanghai Al Amin di Shanghai, China, Senin (18/9/2023). 

"Karena itu saya minta nanti Al Amin supaya terus melakukan upaya mengampanyekan kepada para pengusaha di China untuk berinvestasi di Indonesia. Karena pertama untuk konsumsi Indonesia sendiri itu sudah cukup besar sebagai negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia juga untuk diekspor ke berbagai negara," ujar Kiai Ma'ruf dalam keterangannya.

Baca Juga

Kiai Ma'ruf juga bertemu sejumlah pengusaha China yang bergerak pada sektor halal dan mengajak para pengusaha tersebut untuk tidak ragu berinvestasi pada sektor industri halal di Indonesia. Menurutnya, Indonesia memiliki standar halal yang diakui dan tepercaya di dunia. Bahkan, untuk mengembangkan standar halal itu, LPPOM MUI membuka cabang perwakilan di berbagai dunia. Meski demikian, Indonesia bertekad tidak hanya ingin memberikan standar sertifikasi halal di dunia tetapi juga menjadi produsen halal terbesar secara global.

"Karena itu kami mengundang para pengusaha di berbagai negara khususnya di China untuk berinvestasi produk halal di Indonesia. Kemudian juga untuk diekspor ke berbagai negara dan kalau dihasilkan dari Indonesia produknya akan lebih dipercaya lagi oleh umat Islam di dunia,” ujarnya.

Terkait pemberian sertifikasi halal bagi perusahaan di luar negeri, Kiai Ma'ruf mengungkapkan bahwa LPPOM MUI telah memiliki cabang di berbagai negara termasuk di China yang berlokasi di Shanghai. Hal ini menurutnya, akan mempermudah para pengusaha di luar negeri untuk mendapatkan sertifikasi halal. 

“Sebagai Kantor Perwakilan LPPOM MUI di RRT, Shanghai Al Amin telah memfasilitasi perusahaan-perusahaan China untuk mendapatkan sertifikat halal dari Indonesia. Dan diharapkan nantinya bukan cuma soal sertifikat halal tapi Shanghai Al Amin juga membawa banyak pengusaha China untuk berinvestasi dalam industri produk halal di Indonesia,” ujarnya.

Direktur Kantor Perwakilan LPPOM MUI di Shanghai yang juga Pendiri dan Presiden Direktur Shanghai Al-Amin Biotech Co Ltd Dawood Su Han mengungkapkan, selama 16 tahun berdiri, LPPOM MUI Shanghai telah mengeluarkan sertifikat halal untuk lebih dari 40 ribu kepada berbagai perusahaan dan lebih dari 7.500 jenis produk dan produk halal yang disertifikasi tersebar di seluruh pelosok China. 

“Jadi sebenarnya standar halal nasional Indonesia yang sangat ketat dan merupakan suatu sistem jaminan halal, sudah tertanam dalam lubuk hati kami. Jadi sistem untuk membangun kepercayaan agar dapat diterima para konsumen sudah menjadi misi kami dan kami sebenarnya sudah mewujudkan misi kami tersebut. Terima kasih atas berkat Allah SWT,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement