Kamis 27 Apr 2023 12:08 WIB

Survei Republika: Ini 11 Bank Syariah Paling Favorit 2023

Republika menggelar survei Bank Syariah dengan Nasabah Paling Banyak/Terfavorit 2023

Survey Bank Syariah
Foto: republika
Survey Bank Syariah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Republika.co.id menggelar survei dengan tema "Bank Syariah dengan Nasabah Paling Banyak dan Terfavorit" pada awal 2023 ini. Survei ini berlangsung selama tujuh hari, 20-26 April 2023, di situs Republika.co.id.

Ada 6.006 responden terverifikasi yang mengikuti survei ini untuk memilih 11 bank syariah dan unit usaha syariah (UUS) yang menjadi pilihan pembaca Republika. Hasilnya, Bank Syariah Indonesia (BSI) berada di urutan teratas dengan pilihan di atas 60 persen.

Baca Juga

Posisi lima besar lainnya diikuti Bank Muamalat, BCA Syariah, BTN Syariah, dan BJB Syariah. Untuk BTN Syariah masih berstatus UUS, sementara BJB Syariah sudah menjadi bank umum syariah (BUS).

BSI merupakan hasil merger tiga bank syariah anak usaha Himbara, yakni BNI Syariah, BRI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri (BSM). Dengan jangkauan yang lebih luas, market share yang besar dan beragam produk yang ditawari, BSI sejauh ini menjadi pilihan utama nasabah bank syariah untuk bertransaksi, baik menabung, pembiayaan, investasi, pembayaran, dan lain-lainnya.

Di posisi keenam sampai kesebelas ada Bank Jago Syariah, Maybank Syariah Indonesia, BTPN Syariah, Bank Mega Syariah, Bank Bukopin Syariah, dan Bank Panin Syariah. Hampir semua BUS dan UUS ini merupakan pemain lama kecuali Bank Jago Syariah yang baru saja memasuki gelanggang industri keuangan syariah.

Layanan digital menjadi salah satu alasan mengapa nasabah memilih bank syariah tertentu. Berbagai kemudahan digital bank syariah, seperti untuk pembayaran, transfer online, buka rekening, hingga belanja investasi menjadi sebab jatuhnya pilihan nasabah.

Kini nasabah bank syariah atau UUS hanya cukup menginstal aplikasi bank syariah untuk mendapatkan berbagai pelayanan. Belakangan, layanan digital bank syariah tidak kalah bersaing dengan produk digital bank-bank konvensional.

 

Berikut Hasil Survei Bank Syariah Terfavorit

Bank Syariah Indonesia (BSI) 66,57%

BankMuamalat 10,96%

BCA Syariah 7,28%

BTN Syariah 3,15%

BJB Syariah 2,53%

Bank Jago Syariah 2,36%

Maybank Syariah Indonesia         1,93%

BTPN Syariah 1,62%

Bank Mega Syariah 1,23%

Bank Bukopin Syariah         1,22%

Bank Panin Syariah 1,17%

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement