Selasa 04 Apr 2023 19:29 WIB

Dukung Umrah, Bandara Kertajati Incar Layanan Penerbangan Charter

Permintaan keberangkatan jamaah umrah diproyeksikan terus meningkat.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Ahmad Fikri Noor
Bandara Kertajati (ilustrasi).
Foto: undefined
Bandara Kertajati (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk mendukung musim umrah pada Ramadhan tahun ini, permintaan keberangkatan jamaah diproyeksi bakal terus meningkat. Hal ini diikuti peningkatan permintaan penerbangan charter oleh agen perjalanan.

"Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat siap melayani penerbangan charter umrah yang akan mulai dilaksanakan pada 15 April 2023," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan, Maria Kristi Endah Murni, dalam keterangan resminya, Selasa (4/4/2023).

Baca Juga

Pihaknya sekaligus menyambut baik geliat di industri penerbangan terutama di Bandara Kertajati. Terlebih telah terdapat dukungan fasilitas operasional Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang secara fungsional sudah dibuka.

Sebagai informasi, Kementerian Perhubungan sudah memastikan Tol Cisumdawu akan segera beroperasi penuh pada 15 April 2023 mendatang, sehingga diharapkan akan semakin mempermudah akses dari dan ke Bandara Kertajati. Maskapai Lion Air dengan kode penerbangan JT-068 akan melayani penerbangan charter umrah dengan rute Kertajati (KJT)-Madinah (MED) menggunakan pesawat Airbus A330-300.

Untuk kelancaran pelayanan penerbangan umrah tersebut, Kristi menegaskan kepada maskapai serta penyelenggara bandar udara agar tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan penerbangan serta mengedepankan pelayanan terhadap penumpang.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura II dan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati untuk persiapan fasilitas sarana dan prasarana, termasuk personil yang bertugas di bandara," kata Kristi.

Ia pun berharap dengan adanya penerbangan umrah dari Bandara Kertajati akan menjadi stimulus untuk penerbangan lainnya baik domestik dan internasional agar bisa dilaksanakan melalui Bandara Kertajati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement