Rabu 15 Mar 2023 14:20 WIB

Dapat Modal dari BTPN Syariah, Ita Risna Raup Omzet Rp 60 Juta Tiap Bulan

BTPN Syariah saat itu justru memberikan pinjaman modal Rp 30 juta dan pendapingan.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Fuji Pratiwi
Ita Risna, nasabah inspiratif BTPN Syariah dari Aceh Besar. Bertekad dengan niat dan keuletan Ita mampu meraup omzet hingga Rp 60 juta tiap bulannya.
Foto:

Perempuan asal Aceh Utara itu saat ini sudah memperkerjakan delapan orang pegawai yang sebagian besar adalah tetangga serta kerabatnya. Bahkan, saat ini Kue Khas Aceh dengan merek Dexta milik Ita sudah sampai dijual ke negeri jiran, Malaysia. Ita sudah mengantongi sertifikat halal pada 2021 untuk empat kue yang ia produksi yakni dodol, meuseukat, halwa dan wajik.

Setiap bulan pun ada saja yang memesan kue meuseukat dan dodol Aceh kepadanya. Terutama pada musim pesta perwakinan--mulai Januari hingga menjelang bulan puasa. Begitu juga ketika Lebaran Idul Fitri banyak yang memesan kue tradisional itu.

Corporate and Marketing Communication Head BTPN Syariah, Ainul Yaqin mengatakan, BTPN Syariah menyediakan solusi keuangan syariah untuk semua umat melalui produk Tepat.

Termasuk pembiayaan syariah kepada ibu-ibu prasejahtera produktif yang BTPN Syariah berikan secara berkelompok yang disebut Tepat Pembiayaan Syariah Ultra Mikro. Produk pembiayaan tersebut adalah pembiayaan tanpa jaminan yang diberikan untuk modal usaha bagi masyarakat prasejatera produktif khususnya perempuan.

Pembiayaan ultra mikro berkelompok ini memiliki tujuan untuk membangun empat karakter pada diri nasabah, yaitu berani berusaha, disiplin, kerja sama, dan saling bantu. Diharapkan perilaku tersebut dapat menyebar sehingga tercapai tatanan masyarakat yang memiliki kekuatan secara ekonomi di suatu daerah.

"Ibu Ita memiliki empat karakter tersebut," ujarnya.

Ainul mengatakan, pembiayaan ini diberikan sebagai modal usaha khusus kepada calon nasabah yang ada di pedesaan atau pinggiran kota di berbagai daerah di Indonesia untuk memulai usaha atau meningkatkan usaha mikronya. Tidak hanya memberikan akses keuangan dan modal usaha, Tepat Pembiayaan Syariah juga mengupayakan pemberdayaan melalui pelatihan dan pendampingan berkala di bidang pengetahuan keuangan, kewirausahaan, dan kesehatan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement