Selasa 06 Mar 2012 18:40 WIB

Yang Harus Diperhatikan dalam Memutuskan Franchise

Ilustrasi
Ilustrasi

Pertanyaan:

Pak, saya baru saja hadir dalam acara festival franchise, dan tertarik untuk mengambil salah satu penawaran peluang usaha. Apa kiranya yang harus diperhatikan ya pak dalam mengambil keputusan pilihan franchise? Terima kasih

Salam

Asep Sutadi, 28 tahun

Cikarang

Jawaban:

Pak Asep yang baik hati, atas pertanyaan yang diberikan sesungguhnya memang perlu terdapat beberapa aspek kajian dalam pemilihan waralaba, karena sistem kemitraan dalam mekanisme waralaba tentu memiliki syarat serta ketentuan berlaku antara para pihak terkait.

Dunia usaha saat ini memang dimudahkan dengan adanya pilihan waralaba, dimana beberapa kelebihan yang dimiliki antara lain: kekuatan merek, memiliki sistem operasional dalam standarisasi prosedur, alur layanan hingga spesifikasi serta rekrutmen sumber daya manusia.

Tentu bila kemudian membangun sendiri sistem dan brand usaha kita, maka akan memerlukan waktu belajar dalam kurun yang panjang.

Beberapa aspek yang perlu mendapatkan perhatian antara lain:

* Aspek latar belakang sejarah usaha terkait, dalam arti sudah berapa lama sistem usaha tersebut berlangsung? Setidaknya butuh waktu minimal 3 sampai dengan 5 tahun sehingga sistem yang dibuat dinyatakan telah teruji dan stabil, atau telah memiliki 5 hingga 10 outlet yang terbukti eksisting dan telah berjalan dengan baik.

* Pastikan produk/ jasa dari brand franchise tersebut sebagai produk/ jasa yang berkualitas melalui pengalaman langsung dalam melakukan uji coba serta melakukan trial sampling kepada lingkungan terdekat untuk mendapatkan respond terkait.

* Standarisasi sistem prosedur yang dibakukan telah dibentuk dalam manual maupun melalui implementasi sistem teknologi yang mendukung, sehingga dapat memudahkan melakukan pengawasan serta evaluasi perkembangan usaha secara kontinu dan berkala.

* Pada legal perjanjian antara para pihak perlu diperjelas kedudukan hubungan, serta hak dan kewajiban masing-masing pihak, dan setiap calon pembeli franchise harus mendapatkan akses informasi secara jelas dan menyeluruh atas lingkup perjanjian, agar tidak menjadi masalah dikemudian hari.

* Pelajari dengan seksama dan detail atas prospektus usaha, lakukan perhitungan kuantitatif atas proyeksi dengan menggunakan dasar asumsi realistik yang minimal, karena terkadang penawaran peluang usaha memakai dasar asumsi optimistik sebagai acuan.

* Perdalam atas uraian strategi yang telah disusun dan dirancang oleh brand franchise guna melakukan pengembangan market, dan ilustrasikan dengan gambaran Anda akan target yang dituju, sehingga bisa didapatkan deskripsi singkat kemungkinan kecocokan antara aktifitas strategi dan karakter target marketnya.

* Pastikan dalam kerjasama tersebut, terdapat proses pendampingan dan pembinaan secara kontinu yang dilakukan secara bertanggung jawab. Sehingga dengan demikian, si pengambil waralaba akan mendapatkan dukungan supportif bila kemudian bisnis yang dijalankan tidak berjalan sesuai dengan estimasi awal dari pemilik master waralaba.

Demikian kiranya yang dapat dijadikan sebagai panduan dalam melakukan pemilihan jenis waralaba, semoga dapat membantu pak Asep dalam menentukan pilihan. Tetap semangat dan salam Entrepreneur.

Ery Kasman, SE, MSi

Direktur Entrepreneur Institute

Rubrik konsultasi ini bekerja sama dengan Entrepreneur Institute.

Kirimkan pertanyaan ke: [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement